5 Peluang Bisnis Rumahan Yang Layak Anda Coba

0

Bisnis rumahan saat ini memang menjadi pilhan usaha dengan modal kecil serta merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan khususnya bagi mereka yang senang berprofesi di rumah.

Semakin berkembangnya teknologi dan informasi serta tingkat persaingan yang cukup tinggi dalam dunia kerja tentu saja menuntut para pencara kerja untuk memiliki keahlian (skill) yang jauh lebih tinggi. Pendidikan bukanlah satu-satunya jaminan dalam mendapatkan pekerjaan yang cocok, layak, dan tentunya menyenangkan.

Semakin ketatnya persaingan dalam dunia kerja inilah yang menjadi salah satu faktor terbentuknya usaha serta bisnis rumahan sebagai sarana dalam menyalurkan hobby maupun mencari nafkah. Namun tentu saja bukan berarti mereka yang kemudia beralih ke bisnis rumahan adalah orang-orang yang “terbuang” dalal dunia kerja. Tidak Demikian!

Justru mereka adalah orang-orang dengan kreativitas mapan dan memanfaatkan segala peluang yang ada. Selain itu seperti yang saya sebutkan di atas bahwa bisnis rumahan adalah bentuk usaha bagi mereka yang senang bekerja di rumah.

Diluar sana ada banyak orang yang justru tidak ingin bekerja kantoran dikarenakan alasan hobby dan kesenangan. Bagi mereka tempat paling nyaman bekerja adalah dirumah, dengan menjadi bos bagi diri sendiri, tanpa harus bekerja untuk kepentingan orang lain.

Nah dalam tulisan kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa pilihan bisnis rumahan yang bisa menjadi tambahan penghasilan atau sumber pendapatan utama anda. Apa saja bisnis rumahan tersebut,,,yupss check this out…

Bisnis Rumahan Offline

Bisnis rumahan juga bisa dibangun dalam bentuk usaha offline. Artinya anda tidak harus terhubung dengan dunia internet setiap saat, dalam membangun usaha anda. So, apa saja kira-kira peluang usaha offline yang bisa anda jadikan sarana serta sumber penghasilan?

Usaha Kuliner

Nah ini dia usaha yang saat ini cukup populer serta kemungkinan akan terus berkembang karena makanan adalah kebutuhan utama setiap orang.

Kuliner memang menjadi peluang bisnis rumahan yang menyenangkan apalagi bagi mereka yang telah terbiasa dengan dunia masak dan makanan.

Tentu saja yang saya maksud dengan usaha kuliner disini adalah kuliner secara keseluruhan. Jangan beranggapan bahwa usaha kuliner hanya untuk ukuran restoran atau kafe-kafe mahal saja. No…

Anda memiliki keterampilan memasak? Jika iya, maka membuka usaha warung makan merupakan pilihan tepat. Tidak perlu syarat yang rumit membuka usaha ini, cukup keterampilan anda membuat hidangan yang enak, maka dijamin warung makan anda akan laris- manis.

Apakah hanya warung makan saja? Tidak juga.

Anda bisa membangun usaha jualan buah dan jus serta peluang usaha lainya yang berhubungan dengan makanan dan minuman.

Bisnis Rumahan Laundry

Ada lagi nih yaitu bisnis rumahan laundry yang pasti akan banyak dibutuhkan orang ketika rasa malas untuk mencuci pakaian menumpuk datang. hehehe

Untuk membangun bisnis laundry mungkin lumayan berat karena yang pasti anda harus memiliki setidaknya satu mesin cuci, namun jika tangan anda perkasa, barangkali tak perlu melakukan inventaris untuk mesin cuci. 😀

Pilihan lain yang bisa digunakan adalah dengan menjadi pihak perantara dalam bisnis laundry. Anda bisa menjadi pihak yang mengantarkan dan menjemput pakaian dari pelanggan.

Tentunya ini merupakan pilihan, jika anda memiliki modal dan keberanian yang cukup, maka beli lah mesin cuci dan anda siap menggarap peluang bisnis yang cukup menjanjikan ini.

Yang pasti, Bisnis laundry ini tidak perlu manajemen yang rumit. Cara kerjanya simple hanya memberikan pelayanan mencuci dan menyetrika terbaik, maka sudah bisa berjalan dan pastinya bisa dikerjakan di rumah.

Membangun Usaha Bimbingan Belajar

Dunia pendidikan formal yang selama ini menjadi sumber keilmuwan anak barangkali tidaklah cukup dalam mewadahi rasa ingin tahu setiap anak. Hal ini dikarenakan adanya keterbatasan berupa jam belajar yang kurang atau malah jam belajar yang berlebih namun tidak kondusif.

Berangkat dari kondisi inilah kemudian muncul kebutuhan akan tambahan informasi pengetahuan dan pengembangan potensi keilmuwan.

Sehingga bersyukurlah mereka yang ingin membagikan informasi dan ilmu yang dimiliki. Dengan demikian membangun usaha bisnis bimbingan belajar adalah pilihan yang pas dan rasional, karena selain anda mendapatkan pahala, anda juga dibayar sesuai dengan kapabilitas yang anda miliki.

Saat ini begitu banyak peluang dan kesempatan yang bisa anda ambil, misalnya dengan membuka les bahasa inggris. Karena hampir setiap orang tua menginginkan agar anaknya kelak bisa mahir berbahasa inggris sebagai bekal dalam dunia kerja nantinya.

Bisnis Rumahan Online

Bisnis rumahan yang sifatnya online memang menjadi primadona dalam dunia bisnis saat ini dan di masa yang akan datang.

Dengan dunia yang telah berevolusi menuju era digital dan arus informasi yang sangat cepat, peluang dalam bisnis online memang sangat menjanjikan.

Sehingga tak berlebihan jika saya katakan beruntunglah bagi mereka yang memiliki skill dan kemampuan khusus. Kenapa? Karena modal utama dalam dunia bisnis online adalah skill. Baiklah mari kita lihat apa saja peluang bisnis rumahan online yang bisa anda bangun…

Jualan Di Media Sosial

Pasar saat ini telah mengalami pergerakan yang sangat signifikan menuju pasar dunia maya. Pernahkah anda melihat orang berjualan di media sosial macam facebook, twitter, google plus, instagram, dan sebagianya?

Ya, bisa dipastikan anda pernah melihat fenomena ini. Ingat ini era digital jika kita menyepelakan orang-orang ini maka renungkanlah bahwa kiata telah tertinggal selangkah dengan mereka.

Dengan memanfaatkan jaringan dalam media sosial, apapun bisnis yang kita jalankan bisa dipasarkan di duniia maya.

Tentu saja kita tidak akan kesulitan dalam membangun bisnis lewat media sosial. Yang perlu  dipersiapkan adalah seperangkat laptop atau komputer, koneksi internet, dan tentu saja follower atau likers yang banyak.

Blogging – Ngeblog Asyik

Apapun profesi Anda, entah manajer, karyawan, pemilik bisnis, mahasiswa, dosen, arsitek, fotografer, penyedia jasa les privat atau juga penyedia jasa sedot WC; maka taktik digital personal branding mungkin sesuatu yang layak dilakoni dengan seksama.

Dunia telah bergerak ke arah digital. Telah lahir digital generation yang selalu berselancar dalam jagat online. Maka menancapkan personal branding dalam ranah digital landscape merupakan cara ampuh untuk melentingkan “nilai jual” Anda.

Lewat apa personal branding di bangun? Dunia blog yang saat ini memiliki tendensi positif dalam ranah bisnis online.

Dunia blog terbuka mulai dari siapapun yang gemar menulis hingga yang gemar curhat pun bisa ikut nimbrung dalam dunia blogging.

Lalu bagaimana mendapatkan penghasilan dalam bisnis rumahan blogging ini? Barangkali ini selalu muncul dalam benak siapapun yang baru mengenal blog.

Tak perlu khawatir dengan penghasilan, sebab raja dari dunia internet (Mbah Google) telah menyediakan sistem pembayaran yang sangat akurat melalui google adsense (iklan) dimana anda akan dibayar setiap iklan yang diklik dari website anda.

So, tunggu apalagi. Ayo bangun bisnis rumahan dengan berselancar di dunia internet lewat tulisan-tulisan inspiratif dan informatif yang bisa anda bagikan. 🙂

Sebagai tambahan, dengan semakin maraknya peluang dalam bisnis online maka keahlian terkait internet yang kemungkinan anda miliki saat ini juga bisa menjadi medium utama dalam membangun bisnis rumahan online. Misalnya anda seorang mahasiswa jurusan IT dan mahir dan pemrograman dan dunia coding, maka jasa-jasa semacam web developer dan web designer sangat terbuka bagi anda.

Yang jelas, di luar sana begitu banyak peluang dan kesempatan tersebar tinggal menunggu kemampuan dan kemauan yang anda tawarkan. 😀

Demikianlah ulasan tentang peluang bisnis rumahan yang bisa sama-sama kita coba dalam rangka meningkatkan aktualisasi diri. Sebab bekerja akan sangat menyenangkan jika orientasi kerja kita bukan karena paksaan melainkan passion.

About Author

Leave A Reply