web stats

Cara Membeli Domain Dan Menyewa Hosting

0

tips membeli domain dan menyewa hostingPada tulisan ini saya ingin membahas tentang Tips memilih Nama Domain dan menyewa Hosting, tentunya tulisan ini sangat sederhana karena ditulis hanya berdasarkan pengalaman pribadi, tapi biarpun begitu semoga bisa berguna bagi anda yang juga ingin memulai membuat sebuah website.

Sebelumnya Salam kenal untuk para Blogger baik yang masih Baru (seperti saya ) atau yang telah Senior. Saya hanya ingin berbagi pengalaman yang tidak seberapa dengan anda yang juga ingin memulai membuat sebuah website tentunya dengan Domain sendiri serta menyewa Hosting sendiri. Dalam memilih Domain serta Hosting saya juga terlebih dahulu mencari informasi dari banyak Website para senior yang telah berpengalaman dalam banyak hal. Baiklah, saya akan langsung pada pembahasan singkat yang pertama yaitu tentang:

Cara Beli Domain Dan Hosting

DOMAIN
Domain adalah nama atau alamat untuk sebuah Website di internet. Sudah pasti ketika akan membuka sebuah website kita terlebih dahulu mengetikkan Nama atau Alamat sebuah Website, agar mudah dalam mengingat serta dalam proses pengetikan alamat sebuah Website yang sebelumnya berupa deretan angka atau IP Address seperti 154.254.276.289, maka dibuatlah Domain atau juga familiar di sebut Nama Domain yang berperan untuk menggantikan IP Address tersebut misalnya Domain Website ini sendiri bursanom.com.

Setiap Domain akan di lengkapi dengan ektensi ( Extension ) atau dikenal dengan istilah Top Level Domain (TLD) misalnya: .com, .net, .org, .biz, dan lain-lain. Untuk yang mewakili sebuah negara misanya Indonesia seperti .co.id, .net.id, di sebut country Top level Domain (cTLD).

Sebelum memilih dan membeli Nama Domain, ada beberapa hal yang sebaik nya kita perhatikan seperti:

1. Nama Domain yang singkat serta mudah diingat, namun untuk sekarang kita sudah susah untuk mendapatkan Domain yang singkat karena sudah hampir semua di gunakan.

2. Usahakan Nama Domain bisa mewakili isi website tersebut secara umum.

3. Apabila memilih Nama Domain yang cukup panjang, cari kata-kata yang umum untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam penulisan.

4. Mudah-mudahan anda beruntung masih dapat menggunakan Ektensi .com pada Nama Domain yang jadi pilihan.

5. Menggunakan tanda atau karakter min ( – ) , untuk merubah sebuah Nama Domain agar masih bisa anda gunakan. Misalnya anda ingin Domain blogku.com, karena telah di gunakan orang lain anda bisa menggunakan tanda ( – ) hingga menjadi blog-ku.com.

 

HOSTING
Selanjutnya saya akan berbagi pengalaman ketika akan memilih sebuah Perusahaan yang menyediakan layanan tersebut, tentunya berharap bisa menemukan Hosting Murah di Indonesia. Ada beberapa detail atau informasi tentang perusahaan tersebut yang bisa kita telusuri memakai acuan dan penilaian seperti dari:

1. Google PR Website Perusahaan yang menyediakan Layanan Hosting tersebut, tentu anda sudah tahu kita bisa memeriksanya di www.prchecker.info Semakin tinggi PR Website tersebut setidaknya kita tahu bahwa Website tersebut memang bagus dan dikelola dengan baik.

2. Peringkat Website tersebut di Alexa Rank di www.alexa.com , semakin kecil angkanya berarti semakin tinggi peringkat Website tersebut. Dan itu menandakan bahwa Website tersebut ramai pengunjungnya.

3. Dan yang terakhir untuk melengkapi keraguan anda, periksa Website perusahaan yang memberi layanan Hosting tersebut di whois.domaintools.com Anda akan bisa melihat detail seperti: telah berapa lama hosting tersebut beroperasi, jumlah domain serta yang telah menjadi pelanggan dan masih banyak lagi informasi yang bisa anda ketahui tentang Website tersebut.

4. PENTING.. Anda harus hati-hati dan lebih teliti dengan promosi harga yang gila-gilaan (sangat murah) dengan paket yang ditawarkan sebuah perusahaan Hosting. Bisa saja suatu saat website anda susah diakses karena pelayanan tidak sesuai dengan janji pada saat menawarkan promosi atau tiba-tiba website anda tidak bisa diakses karena perusahaan tersebut sudah hilang begitu saja (tutup). Nggak lucu juga ketika blog anda sudah jalan atau pengunjung sudah ramai dan tiba-tiba tidak bisa diakses atau susah di akses, banyak yang sudah mengalami seperti itu dan itu sangat merugikan pemilik blog.

 

Setelah anda berhasil menentukan pilihan dimana akan menyewa Hosting, mungkin anda masih perlu memperhatikan beberapa poin lagi sebelum melakukan transaksi dengan Hosting tersebut seperti:

1. Yang pertama tentunya kebutuhan atau jenis Website yang akan anda buat agar mudah dalam memilih paket yang ditawarkan oleh Penyedia Layanan.

2. Besararan Disk Space yang di tawarkan untuk tiap-tiap paket, yang nantinya akan menjadi media atau tempat penyimpanan data file-file dari Website.

3. Perhatikan juga Ukuran atau batasan Bandwitdh yang akan disesuaikan dengan jenis paket, Bandwitdh yaitu total file yang di download sewaktu orang berkunjung serta membuka file-file yang ada pada Website. Dan akan di Reset atau dihitung per-bulan.

4. Apabila membeli Domain dan menyewa Hosting anda bisa melakukannya pada tempat yang berbeda, maka kita harus melakukan setting DNS (Domain Name Server) pada account domain untuk mengkoneksikan domain dengan hosting.

Ini adalah Website saya yang pertama dengan menggunakan hosting dari perusahaan dewaweb. Bagi teman-teman yang ingin membeli domain dan hosting bisa mencobanya di dewaweb dengan mengklik link ini hosting dewaweb. Adapun jika ingin tahu cara membeli hosting di perusahaan tersebut bisa membaca ulasan saya sebelumnya, cara membeli domain dan hosting.

Demikianlah artikel berbagi pengalaman yang bisa saya berikan semoga bermanfaat. 🙂

About Author

Leave A Reply