web stats

Cara Membuat Blog di NIAGAHOSTER

0

Cara membuat blog di Niagahoster adalah hal yang sangat mudah di lakukan. Di zaman sekarang, aktivitas blogging menjadi sesuatu yang penting bagi banyak orang. Karena memang ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari blog, mulai dari sekadar berbagi cerita dan informasi kepada orang lain, hingga meningkatkan penjualan bisnis untuk produk Anda.

Mulanya, membuat sebuah blog adalah hal yang sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang. Kini sudah tidak lagi, kehadiran Niagahoster sebagai penyedia layanan hosting yang berkualitas semakin memudahkan banyak orang untuk bisa membuat blog baik untuk bisnis maupun pribadi.

 

Langkah Mudah Membuat Blog di Niagahoster

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jelas tentang cara membuat blog di Niagahoster, artikel dari kami ini merupakan informasi yang tepat untuk Anda simak dan terapkan secara langkah demi langkah hingga blog Anda dapat diakses lewat internet.

 

Tentukan Platform Blog yang ingin Anda Gunakan

Langkah pertama dalam membuat blog, tentukan dulu jenis platform apa yang tepat untuk diterapkan pada blog Anda. Ada banyak pilihan platform yang bisa Anda gunakan, mulai dari, WordPress, Drupal, Joomla, dan sebagainya.

Berdasarkan data dari situs BuilWith, platform blog yang paling banyak digunakan di seluruh dunia adalah WordPress dengan persentase sekitar 53%.

WordPress memang memiliki sejumlah keunggulan, seperti dapat digunakan secara gratis, memiliki tingkat sekuritas yang baik, dan banyaknya theme serta plugin yang dapat digunakan pula secara gratis. Mungkin hal inilah yang membuat WordPress begitu populer.

Meski dapat digunakan secara gratis, namun blog gratisan bukanlah pilihan yang tepat bila Anda ingin blog terlihat lebih profesional dengan tingkat kepercayaan pembaca yang tinggi.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda menggunakan nama domain sendiri, dan layanan hosting untuk meningkatkan kesan profesional dan kredibilitas pada pembaca blog Anda.

Hosting adalah tempat penyimpanan untuk file-file blog Anda. Sedangkan domain adalah alamat dari blog/web tersebut. Di Niagahoster terdapat banyak pilihan paket hosting dengan harga terjangkau dan kualitas mumpuni.

Tak hanya itu, di Niagahoster Anda juga akan mendapatkan domain gratis bila memesan paket hosting mulai dari yang paket pelajar.

 

Cara Instalasi Blog di Niagahoster

Bila Anda belum memiliki hosting dan domain sendiri, silahkan pesan terlebih dahulu di Niagahoster. Pada halaman utama tersedia 4 paket hosting yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, antara lain paket BAYI, PELAJAR, PERSONAL, dan BISNIS. Untuk memilih hosting dan domain Anda bisa langsung menuju ke: https://www.niagahoster.co.id/hosting-indonesia

1. Aktivasi Paket Hosting yang Diinginkan

Cara Membuat Blog

Misalnya, Anda ingin memilih paket hosting PERSONAL (paket ini sudah termasuk bonus domain gratis), klik tombol KLIK SEKARANG, kemudian tentukan durasi paket hosting yang diinginkan. Langkah demi langkah berikutnya antara lain:

  • Ketikkan nama domain baru untuk blog Anda, klik tombol CARI DOMAIN. Gunakan nama domain yang berbeda apabila nama domain yang diinginkan tidak tersedia.
  • Jika Anda sudah menemukan nama domain yang tersedia, berikutnya klik tombol TAMBAH KE CART. Halaman selanjutnya akan menampilkan rincian pesanan beserta total tagihan yang harus dibayarkan, jangan lupa untuk cek kembali, terutama pada ejaan nama domain blog Anda.
  • Klik tombol SELANJUTNYA. Bila Anda belum menjadi member di Niagahoster, akan muncul halaman registrasi. Tapi bila sudah punya akun di Niagahoster, silahkan login dengan email dan password yang sebelumnya sudah pernah didaftarkan.
  • Kemudian pilih metode pembayaran yang ingin digunakan, misalnya dengan transfer bank, lanjut klik tombol CHECKOUT SEKARANG.
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah tagihan tertera, lalu konfirmasi pembayaran sesuai dengan arahan yang diberikan.
  • Paket hosting Niagahoster milik Anda sudah aktif, periksa email untuk mendapatkan detail login cPanel.

 

2. Cara Instalasi WordPress pada cPanel Blog
Setelah Anda mendapatkan detail login ke cPanel, berikutnya lakukan instalasi WordPress untuk Blog Anda pada cPanel. Caranya cukup mudah. Pertama, Login ke cPanel melalui link yang diberikan Niagahoster pada kotak masuk email Anda. Link tersebut biasanya semacam ini: http://namadomainanda/cpanel.

Selanjutnya di Bagian SOFTACULOUS APPS INSTALLER, tekan logo WordPress, lalu tekan lagi INSTALL NOW. Selanjutnya Anda harus mengisi beberapa kolom pada settingan blog, berikut langkah-langkah pengaturannya:

  • CHOOSE DOMAIN: memilih domain Anda
  • IN DIRECTORY: kosongkan saja
  • SITE NAME: Masukkan judul blog Anda
  • Site Description: Masukkan deskripsi blog
  • Masukkan USERNAME dan PASSWORD untuk login ke Dashboard WordPress Anda
  • Selanjutnya Pilih Theme yang diinginkan. Pada kolom tema, Anda bisa menggantinya kapan saja sesuai keinginan.

Akan ada pesan SUKSES pada halaman selanjutnya jika proses instalasi telah selesai dilakukan. Pesan ini juga berisi alamat blog dan juga URL untuk login ke dashboard admin WordPress.

Pada langkah ini, Anda telah berhasil membuat blog di Niagahoster. Langkah berikutnya, Anda bisa melakukan pengaturan, dan mengubah tampilan blog. Anda juga dapat menerbitkan artikel, gambar, audio, maupun video di blog tersebut.

 

Manfaat Apa yang Bisa Saya Peroleh dari Blog?

Masing-masing orang mungkin memiliki alasan dan tujuan berbeda dari aktivitas blogging yang dilakukannya. Berikut ini beberapa hal yang menjadi alasan mengapa Anda perlu membuat blog:

  1. Menarik banyak audiens, pelanggan, partner, teman, maupun orang-orang yang menggunakan internet.
  2. Seperti layaknya sebuah kartu nama bisnis, sekarang ini blog telah menjadi media untuk memperkuat citra profesional dan membangun otoritas pada suatu bidang tertentu.
  3. Pembuatannya mudah dan dapat dilakukan dari mana saja.
  4. Aktivitas blogging dapat meningkatkan skill menulis dan menjadi awal dari karir menulis Anda.
  5. Blog dapat menjadi media untuk Anda berbagi cerita ataupun pengetahuan dengan orang lain.
  6. Blog dapat meningkatkan penjualan bisnis.
  7. Menciptakan peluang bisnis ataupun karir Anda.
  8. Media untuk belajar, mengungkapkan ide, dan menampilkan kreativitas Anda.
  9. Blog dapat menghasilkan uang (monetisasi).

Itulah alasan penting mengapa Anda perlu membuat sebuah blog, baik bersifat pribadi maupun untuk bisnis. Bila kini Anda sudah tertarik untuk memiliki sebuah blog, tunggu apalagi? Segera buat blog profesional Anda di Niagahoster.

Namun demikian, manfaat-manfaat blog di atas tentu tidak akan berjalan maksimal apabila blog Anda sepi atau bahkan tidak memiliki pengunjung.

 

Bagaimana Cara Mendatangkan Banyak Pengunjung ke Blog?

Pada dasarnya, bila blog ingin dikunjungi banyak pembaca, Anda harus mengenalkan atau mempromosikan blog tersebut. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan blog, antara lain:

  1. Bagikan URL atau domain melalui social media.
  2. Membuat blog Anda disukai mesin pencari, khususnya oleh Google karena memang mendominasi pengguna di seluruh dunia. Istilah populernya adalah Anda harus melalukan SEO (Search Engine Optimation) pada blog tersebut.
  3. Saling bertukar komentar pada blog lain dengan mencantumkan URL masing-masing.
  4. Mengenalkan domain blog/web pada kartu nama, papan alamat kantor, daftar riwayat hidup, maupun melalui stiker.

Dan masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan blog Anda kepada pembaca. Bahkan, cara tersebut ada yang gratis dan ada pula yang berbayar.

Memang biasanya butuh waktu untuk sebuah blog bisa menjadi populer dan dikunjungi banyak orang. Hal paling penting yang harus diperhatikan ketika Anda membangun sebuah blog adalah kualitas konten yang ada pada blog Anda tersebut.

Blog dengan konten yang unik, menarik, informatif, dan memberi manfaat bagi pembaca tentunya memiliki peluang lebih besar untuk dikunjungi banyak pembaca.

Demikian informasi dari kami tentang cara membuat blog di Niagahoster. Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dari membuat blog di Niagahoster. Selamat mencoba!

About Author

Leave A Reply