web stats

7 Cara Mendapatkan Follower Instagram yang Banyak

0

7 Cara Mendapatkan Follower Instagram yang Banyak

Memiliki banyak follower/pengikut di media sosial memang menjadi kesenangan tersendiri, tidak terkecuali di Instagram. Karena semakin banyak follower artinya semakin banyak yang mengenal Anda. Jika memiliki bisnis, maka follower yang banyak membuat semakin banyak orang mengenal barang yang Anda jual, dan dapat meningkatkan penjualan. Berikut ini ulasan mengenai cara mendapatkan follower Instagram yang dapat dicoba.

Ketika membuat akun baru, pasti Anda bisa langsung mendapatkan pengikut, setidaknya dari teman-teman Anda. Namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar bisa mendapatkan follower dalam jumlah banyak. Apa saja ya?

1. Menggunakan #Hashtag

Hashtag yang ditandai dengan “#” merupakan ciri dari tren yang sedang berlangsung. Hashtag dapat berpengaruh terhadap kepopuleran suatu topik. Maka tentu saja menggunakan hashtag menjadi cara yang efektif untuk memperoleh eksposur terhadap pengguna Instagram. Mengikuti tren dalam hashtag bahkan dapat meningkatkan jumlah follower secara signifikan.

Pengertian hashtag sendiri merupakan frasa yang dipakai untuk mengelola konten/topik yang terkait dan terlibat dengan kelompok tertentu. Hashtag dipakai di media sosial, baik itu Instagram, Facebook, Twitter, hingga Line. Karena berkaitan dengan suatu topik, maka pengguna umumnya memakai hashtag untuk menjangkau orang-orang baru dan mengikuti konten yang disukai.

Jika Instagram digunakan untuk memasarkan produk, hashtag dapat digunakan untuk terlibat dengan banyak pengguna lain. Anda dapat melihat pesan populer dari influencer untuk mendapatkan hashtag tertentu. Jika sudah, selanjutnya kembangkan konten yang sesuai dengan hashtag supaya mendapat eksposur lebih banyak lagi.

Tidak hanya Instagram, hashtag yang populer juga dapat dilihat di media sosial lain, seperti Twitter atau Facebook.

Hashtag memang dapat meningkatkan kepopuleran konten yang Anda unggah ke Instagram. Namun perlu diingat bahwa terlalu banyak menggunakan hashtag juga bisa berdampak tidak baik bagi konten Anda.

2. Menulis Caption

Mana yang lebih menarik? Sebuah konten yang polos tanpa caption atau konten dengan caption yang menjelaskan maksud dari konten tersebut? Meski melalui Instagram memang dapat membagi informasi melalui sebuah gambar, namun jika disertai penjelasannya di caption tentu akan lebih lengkap.

Terlebih jika Instagram digunakan untuk memasarkan sebuah produk, maka menceritakan melalui caption menjadi cara yang baik untuk terlibat dengan konsumen. Caption tersebut bisa berisi tentang jenis produk, ukuran, warna, harga, hingga cara pemesanan.

Sebaiknya hindari mengunggah gambar atau video tanpa memberi penjelasannya melalui caption. Tidak banyak pengguna yang mau meluangkan waktu untuk melakukan stalking atau mengomentari unggahan tersebut. Karena itu dengan menulis penjelasan, Anda sekaligus membuka percakapan, ide, hingga koneksi dengan pengikut Anda.

Sebagai contoh, Anda memiliki usaha pembuatan kue kering. Salah satu cara berpromosi adalah dengan memasang video Anda membuat kue dan menjelaskan hal-hal terkait kue itu melalui caption. Mereka yang merasa tertarik, terutama dengan dunia kuliner tentu akan otomatis mengomentari unggahan tersebut. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika unggahan itu juga akan dibagikan kepada teman-teman mereka.

3. Be Creative

Jika Anda menjelajahi Instagram, tentu sekarang banyak ditemukan berbagai unggahan menarik, seperti komik hingga video komedi dan sejenisnya. Instagram memang telah mencetak banyak creative content yang unggahannya memberikan hiburan sekaligus manfaat.

Harus diakui cara mendapatkan follower Instagram satu ini memang tidak mudah. Untuk menghasilkan konten yang kreatif dan menarik, dibutuhkan ketelatenan dan pantang menyerah.

Kalau memang kapasitas Anda belum sampai tahap membuat konten kreatif, maka tampilkanlah foto-foto yang unik dan menarik. Bisa juga mengunggah fakta-fakta unik yang selama ini masih sangat jarang diketahui.

Jangan lupa ikuti dua langkah sebelumnya agar yang melihat unggahan Anda semakin banyak. Tambahkan caption dan hashtag. Unggahan yang menarik tentu tidak akan diabaikan begitu saja oleh para pengguna Instagram.

Untuk mendapatkan pengikut dengan kategori tertentu, misalnya umur, konten yang diunggah tentu harus yang disukai oleh target itu.

Contohnya, jika target followers anak anak, maka unggahan bisa tentang dunia anak, seperti mainan atau video lucu yang mendidik. Jika target followers ibu-ibu, maka unggahan bisa terkait keluarga, resep memasak hingga kesehatan. Jika target followers adalah gadis, unggahan bisa terkait tren fashion, kosmetik, dan juga resep memasak.

Begitu pula jika Anda memiliki target yang lain, sesuaikan unggahan dengan target yang Anda tuju ya.

4. Diotomasikan

Cara ini terbilang mudah dan tanpa usaha, namun tetap bisa mendapat banyak follower di Instagram. Ada alat yang digunakan untuk kepentingan itu, dinamakan alat otomasi Instagram. Salah satu alat otomasi tersebut adalah SocialDrift yang bisa dipakai untuk terlibat dengan pengguna meski kesibukan sangat padat.

Alat otomasi Instagram ini juga bisa untuk menentukan target pemirsa. Dapat juga menyukai dan mengomentari unggahan yang sesuai, mengikuti para influencer, membuat akun Anda tampak online selama 24 jam sehari. Alat otomasi efektif digunakan untuk membangun branding dari produk Anda. Terlebih jika memang tidak memiliki sumber daya untuk menjadi admin media sosial.

Kerja dari alat otomasi memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence untuk membuat aktivitas Instagram optimal dan meningkatkan followers yang termasuk pengguna aktif.

5. Sinkronisasi Akun

Sinkronisasi akun dilakukan dengan maksud yang sama seperti hashtag, yaitu meningkatkan peluang calon followers melihat konten Anda di Instagram.

Sinkronisasi akun ini menghubungkan Instagram dengan media sosial lainnya, seperti Facebook, Twitter, hingga Snapchat. Hal ini tentu sangat menguntungkan, terlebih jika akun Anda digunakan untuk berbisnis.

Banyak yang sekarang menggunakan media sosial seperti Facebook dan Snapchat untuk mengganti media cetak yang sudah jarang dibaca. Tentu saja ini adalah peluang bagus untuk mendapat eksposur kepada pengikut.

Akan lebih baik lagi jika Anda menawarkan promosi dan berbagai diskon untuk konsumen. Sifat alami manusia yang tertarik pada barang yang murah akan membuat pengguna beramai-ramai mengikuti dan terlibat dengan konten Anda.

6. Interaksi dengan Influencer

Influencer adalah mereka yang memiliki pengaruh di dunia Instagram. Influencer ini juga dapat disebut sebagai selebgram, meski tidak semua seperti itu. Jika ingin menarik banyak orang terlibat dalam konten Anda, maka berinteraksi dengan influencer terkait merupakan ide bagus. Hal itu akan membuat banyak orang yang penasaran dan mencari-cari konten Anda.

Contohnya, Anda memiliki usaha penjualan bermacam aksesoris untuk hewan. Maka carilah influencer yang sudah terkenal dalam perawatan hewan peliharaan. Anda juga dapat mencari akun yang sering mengunggah berbagai foto hewan peliharaan. Minta bantuan mereka terkait promosi produk yang Anda jual.

Dengan cara tersebut, pengguna akan mulai mengetahui Anda. Mereka yang penasaran tentu akan berkunjung ke ‘toko’ Anda di Instagram. Jika ada yang tertarik, tentu saja pengguna tidak akan ragu untuk membeli produk tersebut. Perlu diketahui bahwa influencer tidak melulu sebagai pemimpin atau profesional, namun juga bisa sebagai anggota komunitas yang punya kredibilitas di mata calon pelanggan.

7. Mengadakan Give Away

Siapa yang tidak menyukai hadiah? Karenanya, give away bisa menjadi salah satu jalan yang efektif untuk mendapatkan follower di Instagram. Give away ini beragam, bisa buku, pulsa, baju, kuota internet, dan lain sebagainya. Agar banyak yang mengikuti Anda melalui cara ini, jangan lupa untuk memberi syarat follow akun Anda terlebih dahulu ya.

Itulah beberapa 7 cara mendapatkan follower Instagram yang dapat dilakukan. Selamat mencoba.

 

About Author

Leave A Reply