Fungsi Pemasaran Dalam Dunia Bisnis

0

Pemasaran memiliki peranan penting atau fungsi yang signifikan dalam keberlanjutan sebuah perusahaan atau organisasi bisnis. Selama bertahun-tahun, pemasaran telah tumbuh dari departemen penjualan yang sederhana menjadi kelompok kegiatan yang rumit.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas bagaimana fungsi pemasaran setelah memasuki babak baru dalam dunia bisnis, dimana kegiatan penjualan bukanlah satu-satunya fungsi dari pemasaran.

Secara singkat bisa saya katakan bahwa fungsi dari pemasaran adalah bagaimana sebuah perusahaan mengamati nilai (value) seperti riset pasar, kemudian menerapkan value tersebut dalam produk, dan terakhir bagaimana memasarkan produk tersebut yang telah disesuaikan dengan nilai-nilai pasar.

fungsi pemasaranDalam sebuah perusahaan pastinya terdapat manajer pemasaran yang memiliki tugas untuk mengidentifikasi peluang dan mempersiapkan strategi dan program pemasaran.  Sehingga cukup jelas, bahwa fungsi pertama dalam pemasaran adalah melakukan riset pasar.

Fungsi Pemasaran

Riset Pasar

Riset pasar dilakukan tidak lain untuk mendapatkan data produk, perilaku konsumen, kondisi pasar, dan pada akhirnya perusahaan akan mengetahui seperti apa karakteristik produk yang relevan dengan kondisi pasar saat ini.

Riset pasar yang gagal akan membawa perusahaan pada kesalahan fatal karena melakukan kekeliruan pada langkah awal. Riset adalah komponen yang paling menentukan, sedangkan fungsi pemasaran selanjutnya adalah untuk merealisasikan hasil dari riset pasar yang telah dilakukan.

Pengendalian Rencana Tahunan

Selanjutnya kegiatan pemasaran berfungsi untuk melakukan pengendalian atas rencana tahunan dalam sebuah perusahaan. Hal ini dilakukan dengan menekankan pada beberapa poin, diantaranya : Analisis penjualan, analisis pangsa pasar, rasio penjualan terhadap biaya, dan analisis keuangan.

Pengendalian profitabilitas

Dalam mengendalikan profitabilitas, kegiatan pemasaran berfungsi untuk menghasilkan produk yang relevan, menganalisis pelanggan dan segmen pasar, serta melihat seperti apa ukuran perdagangan yang sesuai dengan kegiatan perusahaan.

Pengendalian efisiensi

Yaitu kegiatan pemasaran difungsikan untuk mengevaluasi dan meningkatkan efisiensi pengeluaran serta dampak dari biaya pemasaran.

Efisiensi tersebut meliputi, periklanan, promosi penjualan, dan distribusi barang.

Pengendalian strategis

Dalam hal pengendalian startegis, kegiatan pemasaran yang telah dilakukan perusahaan diharapkan akan memiliki benefit jangka panjang bagi perusahaan itu sendiri. Dengan kata lain, aspek profit tidak selalu menjadi tujuan dari pemasaran.

Hal tersebut penting, karena perusahaan yang ingin mengejar going concern tidak selamanya berambisi pada laba dan mengesampingkan hal-hal lain.

Untuk melihat pengendalian strategis ini, paling tidak ada dua pihak yang terlibat yaitu manajemen puncak dan auditor pemasaran. Tujuannya adalah untuk melihat apakah perusahaan mengejar peluang terbaiknya sesuai dengan pasar, produk, dan salurannya. Misalnya dengan melakukan penelaahan etika dan tanggung jawab sosial pemasaran.

Demikian fungsi pemasaran dalam dunia bisnis yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia

Comments are closed.