web stats

Kesalahan Pebisnis Pemula Dalam Memulai Usaha

0

Sebuah kesalahan atau kegagalan dalam memulai bisnis adalah awal dari sebuah langkah yang penting dalam sebuah proses yang menuju perlahan pada kesuksesan dalam berbisnis.

Dalam memulai sebuah bisnis baru, banyak hal yang harus dilakukan mulai dari memikirkan ide, menentukan produk, menguji produk, pemasaran, dll, tapi kadang gagal, lalu kita mulai lagi dan akhirnya melakukan pengembangan begitu seterusnya sampai sukses dan berhasil.

Maka kali ini saya akan membahas Kesalahan Pebisnis Pemula Dalam Memulai Usaha :

1. Berinvestasi tanpa belajar

Pada dasarnya dalam sebuah usaha pebisnis tentu harus memiliki modal agar mendapatkan hasil yang maksimal, namun suatu kesalahan bagi pembisnis pemula yang mau berinvestasi tanpa belajar bisnis yang akan di tekuni.

Salah satu contoh saat kita akan berinvestasi dalam bisnis loundry, kita punya modal namun kita tak memperhitungkan berapa anggaran per loundry seperti detergen, air yang di pakai, listrik, pengharum, dll.

Jadi intinya sebelum memulai berinvestasi dalam bisnis kita harus memperhatikan pengeluaran harian dan hitung pendapatan bulanan agar bisa memanajemen agar tidak rugi, pelajarilah bisnis sebelum berinvestasi.

2. Kurangnya Pemahaman

Salah satu kesalahan Pebisnis pemula adalah pemahaman dalam bisnis tersebut. Sangat penting dalam Bisnis kita harus paham dengan bisnis yang akan kita jalani.

Jangan pernah bilang “Coba coba aja”, sebenarnya ini salah. Karena bisnis harus dipahami, boleh saja coba coba aja tapi harus mengerti resiko gegagalan dalam berbisnis.

3. Kurangnya Komunikasi dan Jaringan

Dalam mengembangkan sebuah bisnis kita perlu komunikasi dan jaringan agar kita bisa mengenalkan bisnis kita ke semua orang. Hal ini sangat penting bagi bisnis kita agar kedepannya bisnis kita bisa di kenal dan di percaya.

Komunikasi adalah hal dimana kita berinteraksi dengan orang lain. Dalam bisnis kita akan berkomunikasi dengan konsumen dengan cara yang sopan dan benar agar konsumen bisa menilai.

Kurangnya Jaringan dalam berbisnis, Jaringan sangat perlu untuk mengembangkan bisnis. Salah satu contoh kita bergerak di dalam bisnis fotografi preweding kita harus berusaha mencari jaringan salon rias atau dekorasi agar saling bisa menguntungkan satu sama lain.

4. Kebanyakan menerima masukan bisnis

Sebuah masukan yang cerdas, bisa membuat bisnis anda berhasil dan juga membuat bisnis anda jadi gagal. Mengabaikanya bisa membuat anda kehilangan peluang untuk sukses. Sebaliknya, terlalu banyak masukan juga bisa berbahaya. Perbanyak hubungan dengan para entrepreneur yang sudah berpengalaman dan telah sukses dalam membangun dan menjual bisnisnya di industri yang sesuai dengan kategori anda.

5. Gunakan Pemasaran Online tidak Hanya di Office saja

Banyak pembisnis berpikir kalau bisnisnya akan berkembang secara sendirinya. Namun itu sangat salah, agar memperkuat bisnis kita harus melakukan pemasaran online merupakan salah satu hal yang harus dilakukan sebuah perusahaan. Salah satu metode yang bisa diterapkan adalah dengan mengoptimalkan mesin pencarian ( Search Enginee ) agar produk anda bisa lebih dikenal dan ditemukan oleh masyarakat luas.

6. Memprioritaskan konsumen itu sangat perlu

Jika tidak sesuai dengan keinginan konsumen, produk dan konsep pemasaran yang luar biasa bisa saja menjadi tak berguna. Jika konsumen tidak membelinya, berarti perusahaan tersebut tidak akan mendapat laba. Lebih baik menggali apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen sebelum meluncurkan produk ke pasar. Setelah meresmikan produk, komunikasi dengan konsumen juga harus selalu terjaga.

7. Pekerjakan Karyawan Yang Tepat

Jika usaha anda sudah berkembang dan anda tidak bisa mengelola bisnis itu sendirian, anda membutuhkan beberapa karyawan. Carilah karyawan yang benar benar tekun dan jujur. Kadang karyawan bisa menghancurkan bisnis anda.

Maka, sangat dianjurkan untuk mempekerjakan orang-orang yang dapat bekerja dengan cepat dan peduli dengan perusahaan. Bisa dipercaya dan ahli dalam bidang yang ia tekuni.

8. Memanajemen Penghasilan

Jika bisnis anda sudah menghasilkan uang disinilah kita harus bisa mengelola pemasukan agar bisa di kembangkan kembali agar bisa menghasilkan lebih besar. Jadi gunakan Penghasilan seperlunya agar bisnis anda tetap jalan dan bertahan.

Demikian beberapa kesalahan pebisnis pemula dalam memulai usaha semoga bermanfaat dan bisa memotivasi agar lebih baik.

About Author

Leave A Reply