Kode Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA

Berikut merupakan daftar kode bank seperti BRI, MANDIRI, BNI, Bank Syariah, BCA dan bank lainnya yang bisa digunakan untuk keperluan transfer. Karena bank memiliki fungsi sebagai lembaga penyimpanan dan penyaluran dana serta melakukan jasa atau fungsi transfer.

Jika nasabah dari bank yang sama melakukan transfer uang, tidak akan terjadi masalah. Yang menjadi kendala adalah ketika transfer terjadi diantara nasabah dari bank berbeda. Misalnya seorang nasabah BRI akan melakukan transfer kepada nasabah Mandiri, maka nasabah BRI tersebut harus memasukan kode bank sebelum memasukan nomor rekening nasabah Mandiri.

Sebagai contoh, sebelum memasukan nomor rekening nasabah mandiri yang dituju (misalnya nomor rekeningnya 12000222), nasabah BRI yang akan melakukan transfer harus memasukkan kode bank mandiri 008 sebelum nomor rekening yang dituju. Yaitu 00812000222 lalu lakukan transfer dengan nominal yang diiinginkan.

Berikut merupakan kumpulan kode bank dari beberapa bank di Indonesia

Daftar Kode Bank

Nama Bank Kode Bank
Swift Code
Bank BCA 014 CENAIDJA
Bank Mandiri 008
BMRIIDJA
Bank BRI 002
BRINIDJA
Bank BNI 009
BNINIDJA
ANZ Panin Bank 061
PINBIDJA
Bank BII 016
IBBKIDJA
Bank BUKOPIN 441
BBUKIDJA
Bank BUMIPUTERA 485
BUMIIDJA
Bank COMMONWEALTH 950
BICNIDJA
Bank DANAMON 011
BDINIDJA
Bank DKI 111
BDKIIDJA
Bank BRI SYARIAH 422
BRISIDJA
Bank LIPPO 026
LIPBIDJA
Bank MEGA 426
MEGAIDJA
Bank PANIN 019
PINBIDJA
Bank SYARIAH MANDIRI 451
BSMDIDJA
Bank UOB INDONESIA 058
UOBBIDJA
Bank PERMATA 013
BBBAIDJA
STANDARD CHARTERED BANK 050
SCBLIDJX
RABOBANK INTERNASIONAL INDONESIA 060
RABOIDJA

Selain itu, untuk melakukan transfer kita tidak perlu ke ATM yang sesuai dengan rekening kita jika memang tidak memungkinkan. Sebab dengan layanan ATM bersama, nasabah dari bank seperti BRI, Mandiri, BCA dan bank lainnya bisa melakukan transfer dan penarikan dari atm bersama tersebut.

Untuk proses transfer pun sama jika bank yang dituju berbeda dengan bank asal. Tinggal memasukan kode bank, diikuti dengan nomor rekening dan tujuan, lalu proses transaksi anda.

Demikianlah daftar kode bank baik kode bank BCA, Mandiri, BRI, BNI, dan bank lainnya yang bisa kami bagikan. Untuk kepentingan transfer antar bank yang berbeda, anda harus memasukan kode bank terlebih dahulu baru kemudian memasukan nomor rekening penerima.