web stats

Memahami Pengertian Manajemen Strategi

0

Manajemen strategi memiliki pengertian sebagai sekelompok keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja jangka panjang organisasi. Manajemen strategis mencakup semua dasar fungsi manajemen.

Artinya setiap startegi harus dikolaborasikan dengan perencanaan, proses pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian.

Manajemen Strategi Menurut Para Ahli

Menurut David (2009, p5), manajemen strategi merupakan seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas-fungsional yang memampukan sebuah organisasi mencapai tujuannya.

Menurut Robbins dan Coulter (2005, p196), manajemen strategis adalah sekelompok keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja jangka panjang organisasi. Manajemen strategis mencakup semua fungsi dasar manajemen, yakni strategi organisasi harus direncanakan, diorganisasi, dilaksanakan, dan dikendalikan.

Dari dua pengertian di atas, dapat disimpulkan  bahwa manajemen startegis mencakup beberapa hal:

Pertama, adalah keputusan. Seorang manajer memiliki tanggung jawab mutlak untuk membuat keputusan. Setiap keputusan yang dibuat tentu berdasarkan pertimbangan dari banyak hal dan kondisi organisasi (perusahaan).

Kemudian yang kedua, yaitu bagaiamana agar setiap keputusan yang dibuat relevan dengan tujuan organisasi. Inilah prinsip dasar dari manajemen startegis, untuk mengsinkronkan antara keputusan dengan tujuan organisasi (perusahaan).

Peran Dan Tujuan Manajemen Strategi

Kita mungkin masih ingat bagaimana Nokia begitu menguasai pangsa pasar lokal pada era 2000-an. Namun di luar prediksi raksasa seluler tersebut, bahwa hanya membutuhkan waktu sekitar 5 tahun, persaingan dalam bisnis seluler semakin ketat.

Setiap perangkat menuntut adanya inovasi. Dan hanya produk yang menghasilkan inovasi baru itulah yang akan benar-benar bertahan.

Disinilah manajemen startegis dalam setiap perusahaan memiliki peranan yang sangat penting. Mengapa manajemen startegis dianggap begitu penting?

Karena manajemen strategis tercakup dalam banyak keputusan yang dibuat oleh manager. Kebanyakan peristiwa bisnis terkini, yang dilaporkan dalam berbagai media massa maupun cetak, melibatkan manajemen strategis.

Sebagai contoh, berita bahwa Microsoft mengakuisisi saham Nokia, atau berita ford yang dikabarkan menutup bisnis lokal di Indonesia. Semua itu melibatkan proses dari manajemen strategi. Bahwa keputusan yang diambil oleh setiap entitas (perusahaan) itu berdasarkan proses analisa baik cost and benefit dan prospek kedepannya seperti apa. Itulah kira-kira peran dari manajemen startegis dalam suatu entitas bisnis.

About Author

Comments are closed.