Marketing Mix, Konsep 4Ps

0

Pengertian bauran pemasaran atau marketing mix adalah istilah yang dipakai untuk menjelaskan kombinasi empat besar pembentuk inti sistem pemasaran sebuah organisasi. Keempat unsur tersebut adalah penawaran produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi.

Dengan demikian, Mix marketing adalah sebuah konsep bagaiamana menempatkan pruduk yang tepat pada waktu dan tempat yang tepat serta harga yang sesuai. Inilah yang kemudian dikenal dengan konsep bauran pemasaran 4P’s.

Meskipun marketing mix hampir seluruhnya dapat dikendalikan oleh manajemen perusahaan tetapi beberapa kekuatan lingkungan eksternal masih bisa menjadi kendala. Bauran ini juga masih dipengaruhi dan didukung oleh sumber daya non pemasaran dalam perusahaan.

 

Keempat unsur dalam marketing mix (4P’S) saling berkaitan satu sama lain. Untuk lebih jelasnya, akan saya bahas ke empat unsur tersebut sebagai berikut…

Produk

Mengelola unsur produk termasuk perencanaan dan pengembangan produk atau jasa yang tepat untuk dipasarkan oleh perusahaan.

Strategi dibutuhkan untuk mengubah produk yang ada, menambah yang baru, dan mengambil tindakan-tindakan lain yang mempengaruhi bermacam-macam produk.

Keputusan strategis juga dibutuhkan untuk pengemasan, penentuan, cap, dan berbagai segi produk yang lain.

Harga (Price)

Dalam menentukan harga, manajemen harus menentukan harga dasar yang tepat bagi produknya. Manajemen harus menentukan strategi yang menyangkut potongan harga, pembayaran ongkos angkut, dan berbagai variabel lain yang berhubungan dengan harga

Promosi (Promotion)

Promosi merupakan salah satu bagian vital dalam membangun hubungan antara perusahaan dengan dunia luar, baik pihak yang telah menjadi konsumen maupun yang belum dan berbagai sasaran yang lainnya.

Ketika perusahaan meluncurkan produk baru, maka strategi mix marketing yang akan mendukung agar produk tersebut dikenal masyarakat adalah dengan strategi promosi.

Promosi bisa dilakukan lewat iklan, penjualan perorangan, maupun promosi penjualan. Di era digital seperti saat ini, terdapat begitu banyak media yang bisa menjadi wadah bagi perusahaan untuk melakukan aktivitas promosi.

Distribusi (Place)

Kegiatan distribusi dalam mix marketing bertujuan untuk menemukan perantara pemasaran  yang akan menjadi mitra perusahaan dalam mengenalkan produk mereka.

Kegiatan distribusi juga berhubungan dengan pemilihan saluran yang tepat agar produk yang diminta pasar akan mampu disalurkan perusahaan secara on time dan tanpa kendala yang berarti.

Selanjutnya, konsep mix marketing 4P’s tersebut megalami ekspansi menjadi 7P’s dengan penambahan konsep People, Process, dan Physical Environment.-

People berkaitan dengan pihak internal yang ada dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Baik manajemen maupun unsur pegawai yang ada harus bersama-sama menjunjung nilai-nilai perusahaan termasuk budaya organisasi yang juga menjadi salah satu unsur dari konsep People ini.

Process berkaitan dengan sistem yang ada dalam perusahaan. Semakin baik sebuah sistem baik sistem pembayaran, cara distribusi, dan lain-lain, maka akan berdampak baik pada proses pemasaran di luar perusahaan.

Physical Environment berkaitan dengan kondisi fisik yang berkaitan langsung dengan proses pemasaran seperti kenyamanan, fasilitas, kejelasan, dan lain-lain.

Nah demikianlah konsep marketing mix yang menjadi startegi paling handal dalam melakukan pemasaran, baik konsep 4P’s maupun 7P’s. Semoga bermanfaat.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia

Leave A Reply