5 Negara Terkaya Di ASEAN Versi Bank Dunia

30

Saya akan mengurutkan daftar negara terkaya di ASEAN berdasarkan data GDP Perkapita yang dirilis pada tahun 2013. Data ini akan diupdate setiap dua tahun sekali, jadi kemungkinan data terbarunya akan dirilis pada akhir 2015 atau malah 2016. Yang jelas sampai dengan saat ini data GDP Perkapita 2013 masih menjadi indikator utama.

Baiklah, sama halnya dengan postingan saya sebelumnya pada artikel negara terkaya di dunia, saya menjadikan Bank Dunia sebagai sumber utama dan GDP Perkapita sebagai indikator dan tolak ukurnya.

Sejarah Dan Kepanjangan ASEAN

ASEAN (Association Of South East Asian Nations) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggaara adalah negara-negara yang secara geografis terletak di wilayah Asia Tenggara, dan secara historis telah sepakat untuk bergabung membentuk kerjasama dibidang ekonomi, pendidikan, teknologi, budaya, politik, dan lainya untuk memajukan bangsa Asia Tenggara.

Kita semua tahu, bahwa ASEAN didirikan di Thailand, Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967 atas prakarsa dari lima orang menteri luar negeri, yaitu:

1. Adam Malik dari Indonesia.

2. Tun Abdul Razak dari Malaysia.

3. Thanat Koman dari Thailand.

4. Nacisco Ramos dari Filipina.

5. S. Rajaratnam dari Singapura.

Baiklah mari kita mulai, untuk mengetahui siapa 5 negara terkaya di ASEAN….

Singapura

negara terkaya di asean

Ketika mendengar Singapura apa yang ada dibenak anda? Kota kosmopolitan, negara maju, kaya, negara denga pariwisata yang memadai, transportasi dan pendidikan yang maju dan tentunya tak ketinggalan menjadi tempat pelarian para koruptor bangsa kita.

Ya, inilah negara dengan sejuta hukum dan keteraturan. Jika anda berkunjung kesana jangan sampai membuang sampah sembarangan jika tidak ingin mengeluarkan isi dompet yang tidak sedikit.

Orang Singapura patutnya berterima kasih kepada Sir Thomas Stamford Raffles, dialah pendiri awal Singapura sekaligus seorang yang pertama kali memiliki pandangan bahwa negeri tersebut akan menjadi pusat perdagangan yang memukau. Alhasil, saat ini Singapur menjadi negara dengan julukan sentral perdagangan asia.

GDP Percapita Singapur berdasarkan data Bank Dunia sebesar US$ 55.182. Artinya setiap penduduknya memiliki penghasilan sekitar Rp 717.366.00 (tujuh ratus jutaan) setiap tahunnya. So, penulis menobatkannya sebagai negara terkaya nomor satu di Asia Tenggara.

Selain perekonomiannya yang maju, pendidikan di negara ini juga dianggap remeh. Kehadiran NUS (National University of Singapore) dan NTU (Nanyang Technological University) telah membuka gerbang pendidikan tingkat tinggi bagi Singapur yang bahkan mampu bersaing dengan kampus kampus Internasional lainnya.

Brunei Darussalam

brunei darussalam
Ternyata meskipun bisa dibilang sebagai negara terkecil di dunia (luas wilayah 5.765 km²), namun Negara yang dipimpin oleh seorang Sultan ini mampu menghasilkan GDP Percapita setiap tahunnya sebesar US$ 38.563 dan bisa anda hitung sendiri besarnya dalam rupiah. 😀

Brunei dengan ibukota Bandar Seri Begawan memang menjadi ikon dan simbol kekayaan dikarenakan sumber pendapatnnya yang sebagian besar berasal dari minyak. Selain keberlimpahan dalam ladang minyak dan gas, negara ini juga dikenal dengan ketegasan dalam penerapan hukum Islam, sehingga Brunei disebut-sebut sebagai negara Islam Di kawasan Asia Tenggara.

Dari segi budaya, negara ini terdiri dari sebagian besar etnis melayu dengan pengaruh kuat dari Islam. Islam di Brunei lebih konservatif dibandingkan Malaysia dan Indonesia. Alkohol diharamkan penjualan dan peredarannya, bahkan pada tahun 2011 majalis mufti Brunei mengharamkan rokok.

Brunei juga dikenal dengan Sultannya, yaitu sultan Hasanah Bolkiah yang pernah mendapat julukan sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Konon istana kesultanannya dan pesawat pribadi yang beliau miliki sebagai besar terbuat dan berisikan perabot dari emas. that’s wow 🙂

Malaysia

malaysia

Ah siapa lagi warga bangsa kita yang tak kenal dengan negeri yang memiliki menara kembar Petronas ini. Persaingannya dengan Indonesia dalam berbagai hal tak jarang menimbulkan ketegangan kecil-kecilan. Namun bagaimanapun Malaysia tetaplah sahabat pertiwi, dan semoga akan terus seperti itu.

Baiklah, siapa sangka negara dengan ibukota Kuala Lumpur ini mampu menempati urutan ke tiga dengan GDP Percapita sebesar US$ 10.538. Tak heran jika negeri ini mampu menjadi sarang empuk para pelajar, pekerja ahli, sampai TKI-TKW dari negeri kita.

Dari segi kependudukan, mayoritas penduduk negeri jiran ini beragama Islam (sekitar 60,6 %). Sehingga menjadikannya sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Perkembangan dunia bisnis dan finance islam, negeri ini memang mengungguli Indonesia. Dan kita harus mengakui itu. Sistem perbankan syariah dan asuransinya telah berada jauh diatas Indonesia. Bahkan agenda nya pemerintahan Malaysia akan kembali menghidupkan mata uang dinnar dan dirham, sebagai mata uang warisan Islam yang memang stabil dan tahan banting dari ancaman krisis moneter.

baca ulasan saya tentang asuransi dan riba, agar kader bangsa kita bisa mengejar ketertinggalan dari Malaysia dalam dunia Islamic Finance (Keuangan Islam). 😀

Thailand

thailand

Ini dia, negeri yang lagi ngetrend dengan dunia perfilman baik genre horror, romantika, dan bela diri.

Thailand memang memiliki karakteristik historis yang berbeda dengan negara ASEAN lainnya. Bentuk kerajaan dari negara ini memang sangat kental, sehingga kebudayaan dan bahasa yang terus menerus diwariskan tetap bertahan sampai dengan saat ini.

Berdasarkan data Bank Dunia, GDP Negeri atau kerajaan ini sebesar US$ 5.778, sehingga menempatkannya pada urutan ke-empat. Selamat ya Bangkok 😀

Populasi Kerajaan Thailand didominasi etnis Thai dan etnis Lao, yang berjumlah 3/4 dari seluruh penduduk. Selain itu juga terdapat komunitas besar etnis Tionghoa yang secara sejarah memegang peranan yang besar dalam bidang ekonomi. Etnis lainnya termasuk etnis Melayu di selatan, Mon, Khmer dan berbagai suku orang bukit.

Sekitar 95% penduduk Kerajaan Thailand adalah pemeluk agama Buddha aliran Theravada, namun ada minoritas kecil pemeluk agama Islam, Kristen dan Hindu. Bahasa Thai merupakan bahasa nasional Kerajaan Thai, yang ditulis menggunakan aksaranya sendiri, tetapi ada banyak juga bahasa daerah lainnya. Bahasa Inggris juga diajarkan secara luas di sekolah.

Ya, saya kira yang bisa saya bagikan all about Thailand. 🙂

Indonesia

indonesia

Saya sengaja memberikan gambar berupa foto pemandangan alam. Karena begitu banyak yang perlu kita lihat, begitu luas nya kekayaan negeri kita.

Berada diurutan ke-lima tentu saja menjadi kebanggan tersendiri bagi kita sebagai anak yang lahir dari bumi pertiwi ini. Sudahlah, jangan terus terusan menyakiti negeri ini dengan berbagai keluhan dan hinaan.

Negeri kita kaya kok, liat saja GDP Percapitanya sebesar US$ 3.475. Itu artinya negeri ini masih berbaik hati dengan mengasumsikan penduduknya makmur jika berada pada kisaran penghasilan 3,5 juta setiap bulannya.
Bayangkan jika negeri ini GDP Percapitanya menyamai Luksemburg, yang mengasumsikan penduduknya memliki penghasilan 1,5 milyar setiap tahunnya atau setara dengan 125 juta perbulannya. Maka negeri ini akan menjadi negeri pembohong yang menyiksa penduduknya. heheh

Negara terkecil di dunia iniBaca juga: Negara Terkecil Di Dunia

Kenyataannya, meskipun masih ada saja tangan-tangan usil dan kotor yang mencengkram langit istana pertiwi, Bunda Pertiwi menaruh harapan besar bagi anak-anaknya untuk setidaknya mencintai tanah air ini. Sedih rasanya menulis kata-kata ini 🙁

Saking sedihnya, tangan saya tak kuasa lagi untuk berlanjut, jadi itulah tulisan yang bisa saya bagikan.

Jadilah orang yang berguna bagi sang bunda pertiwi, ia menanti tangan tangan suci yang akan menggenggam kokoh negeri ini agar gemah ripah loh jinawi toto tentrem karto raharjo, bukan tangan kotor itu.

Sekian Wassalam.

About Author

30 Komentar

  1. luluk lutfiani on

    Gk nyangka bgt ea kak indonesia termasuk dlm daftar 5 negara terkaya asean…. meskipun indonesia negara korupt bxk ta indonesia memiliki bxk keragaman

  2. Hotman Suhardin on

    Walaupun Singapore penduduknya punya penghasilan besar tapi tidak makmur , mau makan buah – buahan dan sayuran saja, harus impor dari negara lain, Indonesia kaya dari hasil pertanian , rakyat dikampung asal rajin , semua bisa makmur , tidak perlu biaya hidup tinggi untuk makan, untuk ukuran orang Indonesia menderita lama lama di Singapore, biasa makan mangga satu buah sekali makan di Singapore cuman 1/4 itupun mahal, ya, bersyukurlah rakyat Indonesia dari hasil pertaniaannya.

    • Bukan masalah import nya tetapi mereka mampu beli. Di indonesia juga kaya raya akan sumber daya alam tetapi juga harus import beberapa bahan makanan. Pekerjaan pemerintah untuk mewujudkan masyarakatnya lebih sejahtera bukannya sibuk korupsi sendiri.

    • Syahrudin on

      Tapi kenapa di Indonesia banyak miskin, berbanding terbalik dengan kehidupan pejabat dan artis yang bergelimang Harta. Beli tas ratusan juta rupiah dipamerin di TV. Kasihan rakyat kecil , boro2 beli tas ratusan juta, bayar listrik aja susah…. ?

  3. Rudi yulianto on

    Mengapa y banyak korup di indonesia ???? Tahu sebabnya ????? Karena tidak bersyukur dengan gaji padahal sudah besar…. coba pikirkan kalau hutang indonesia bisa lunas dalam waktu 5 tahun…. kita fokus… insyaallah 6 tahun kedepan kita bisa mensejahterakan rakyat dan bangsa ini… saya yakin itu.

  4. kalimantan timur .indonesia on

    Salut dan merinding .kalian smua yg komen .tdk dngan org yg komen bola tdk bsa dewasa .. Indonesia negra yg d tkuti seluruh dunia .krna sgla aspek baik dn burukya .. Bukti yg tdk pernah org tw dn dpt memikir sampai kesitu .. Kta anak negri d adu dngan anak ngri sndiri .mkanya kt tdk bs maju dn tdk bsa berkembang bayangkan kalo kta bersatu dn berfikir indonesia hebat .. Dunia akan takluk dlm aspek apaun.penduduk ya,besar kekayaan ya besar ap lg sejarahya .tp kt ini d cerai berai contoh ril bola .akirya kt bertengkar dngan org sendiri..contoh buruk lg kekayaan org luar yg d ats kt yg krja org lain yg nikmati kt yg ngaman kan lbih para narkoba no 1 untuk rakyat indonesi ini tdk maju . haa bangga d indonesi walau seperti itu tp ttp damai. Hiduplah indonesiaaaa rayaaaaa

  5. jefri saputra on

    coba di indonesia gak ada koruptor, pasti negara indonesia bisa lebih maju lagi,
    oknum oknum yang tidak bertanggung jawab hanya bisa memakan uang rakyat saja, apa gaji mu tidak cukup untuk menghidupi anak dan keluarga mu

  6. “Itu artinya negeri ini masih berbaik hati dengan mengasumsikan penduduknya makmur jika berada pada kisaran penghasilan 3,5 juta setiap bulannya.”

    Bahahahah “…berbaik hati mengasumsikan penduduknya makmur…”. Berbohong sekarang menjadi bentuk kebaikan hati ya. Top markotop dah Indonesiaku. Poles terus gan dinding luarnya biar keliatan kinclong dimata dunia. Abaikan saja terus dalamnya yg bobrok.

    Abaikan juga industri elektronik yg melakukan PHK besar2an krn tidak kuat membayar buruh 3,5 juta/bulan dan nantinya akan diikuti industri otomotif. Makmur tenan Indonesiaku, gajinya 3,5 juta/bulan tp yang ngaji ga kuat krn buruhnya terlalu banyak. Penduduk Indonesia, apalagi yg menengah kebawah, tak henti2nya beranak smpe 5-6 ekor spt binatang dan mengabaikan program KB. Terus ntar demo besar2an karena tidak bs membiayai “keluarga besar”nya ato tidak cukup lapangan pekerjaan buat mereka.

    Pandangan dunia yg positif sudah cukup untuk membuat legawa orang Indonesia. Maklum budaya cepat puas. Biar ikutan gaul, gue ikutan cepat puas juga.

  7. arif mardi maulana on

    Indonesia jangan bersedih kita pasti akan membuatmu jaya,kaya dan makmur. kita berjanji

  8. arif mardi maulana on

    bersabarlah Indonesiaku rakyatmu akan berjuang untuk kesejahteraanmu. walaupun sekarang nonor 5 di ASEAN tapi aku yakin nanti NO 1 DI DUNIA . tapi itu tergantung dari rakyatnya. ayo rakyat indonesia KITA BISA………………………

  9. Felicia on

    Indonesia AYOOO MAJUUU!!! Tunjukan kalau INDONESIA adalah negara terkuat, terkaya (SDA), Terbersih, dan rakyat nya hidup adil, sejahtera, dan makmur. AYOOO INDONESIA BISAAAA!!! GO!!! Selesaikan Kompetisi Mu dengan negara lainn 🙂

  10. indonesia luar biasa gak nyangka masuk lima besar negara kaya di asia tengara sayank masih ada koruptor

  11. ahmad muammar on

    NEGERA USA TAKUT DENGAN KERNA TENTARA ISLAM RUSSIA AKAN MEMBANTU KALAU INDONESIA PERANG MAJU TERUS INDONESIA KU YANG KU CINTA JANGAN MENYERAH BIARKAN NEGARA LAIN MENJELEK JELEK KAN KITA TAPI USA SEKARANG MENGAKUI INDONESIA SEBAGAI KEKUATAN SUPER POWER HIDUP LAH INDONESIA

  12. Angeline on

    Indonesia!!
    Saya sngt terharu saat belajar dan memahami sejarah2 tentang mu. Para pejuang dan pahlawan rela meninggal demi kemakmuran dan kesejahteraan di Indonesia smpai akhirnya merdeka. Tahun demi tahun berlalu saya berharap indonesia smakin maju dan terkenal didunia. Para pemerintah Indonesia skrng saya brharap kalian mencontohi para pemerintah yg sblmnya. . . Ini demi kebaikan dan kesejahteraan jutaan penduduk di Indonesia ??

  13. Saya bangga dengan indonesia ,, ? Entah mau peringkat berapa ,, susah senang saya akan selalu ada intuk indonesia ,?
    #tingkatkanjiwanasionalisme

  14. Lena heryani on

    Selamat kan generasi muda nya. Selamat kan alam nya. Insyaallah kedepan nya bisa jaya.

    • Korupnya sudah mengakar dari mulai elit politik sampai tingkat rt jadi kalo penyakit itu tidak bisa diberantas gimana mau maju

Leave A Reply