5 Negara Termiskin Di Dunia

11

Urutan dan daftar negara termiskin di dunia saat ini (2015) masih menggunakan data GDP (Gross Domestic Product) Percapita atau Pendapatan Nasional Bruto Perkapita yang dilansir Bank Dunia. Sama halnya dengan postingan 100 negara terkaya di dunia yang saya bahas sebelumnya.

Baiklah, tanpa perlu berpanjang lebar lagi karena saya telah menjelaskan pada postingan sebelumnya alasan kenapa saya memilih menggunakan tolak ukur GDP Percapita dan menjadikan Bank Dunia sebagai sumber data dalam mengukur GDP Percapita tersebut.

Adapun urutan 5 negara termiskin di dunia tersebut adalah sebagai berikut :

1. Malawi

Negara yang beribukota di Lilongwe ini terletak di bagian selatan benua Afrika.  Hal yang unik dari negeri Malawi ini adalah seperlima wilayahnya yang berupa danau.

Berdasarkan data bank dunia, GDP Percapita Malawi sebesar US$ 237 pada tahun 2013. Artinya rata-rata penduduk Malawi berpenghasilan Rp 3.081.000 atau sekitar 3 juta setiap tahunnya. Maka per bulannya, penghasilan rata-rata penduduknya berada pada kisaran Rp 250.000. Artinya, masih banyak penduduknya yang berpenghasilan kurang dari US$ 1 setiap harinya. Sehingga Malawi menempati urutan nomor satu dari daftar negara termiskin di dunia.

Ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah setempat untuk memberdayakan dan meningkatkan perekonomian dan mata pencaharian penduduk serta masyarakat Malawi.

Selain kondisi ekonomi yang buruk itu, dari segi kesehatan juga negeri ini sangat memprihatinkan. Begitu banyak masyarakat yang sering terkena berbagai macam penyakit mulai dari malaria sampai penyakit kronis berupa Bilharzias atau infeksi sejenis cacing yang sangat sulit disembuhkan.

Semoga kedepannya kondisi Malawi akan semakin membaik dengan sinergi antara pemerintah dan masyarakat setempat serta bantuan pendidikan dan keuangan dari lembaga-lembaga sekelas Bank Dunia, IMF, dan PBB.

2. Burundi

Burundi merupakan negara yang merdeka sekitar abad ke 16 dan beribukota di Bujumbura. Negara ini terletak di bagian tengah benua Afrika sehingga dijuluki sebagai negara tanpa laut.

Berdasarkan data GDP Percapita Bank Dunia, Burundi menempati urutan kedua sebagai negara termiskin di dunia dengan GDP Percapitanya US$ 267 atau sekitar Rp 3.471.000 setiap tahunnya.

Tanpa batas laut, dan sering menghadapi tekanan penduduk serta konflik dan memiliki sumber daya alam yang terbatas, tak heran jika negeri ini masuk dalam kategori negara termiskin.

Advertisement


3. Republik Afrika Tengah

Selanjutnya di urutan ketiga adalah Republik Afrika Tengah yang beribukota di Bangui. Negara ini memiliki kesamaan historis dengan Burundi dalam hal perebutan kemerdekaan. Kedua negara Afrika ini memperoleh kemerdekaan dari Perancis. Sehinnga jangan heran jika salah satu bahasa resminya adalah bahasa Perancis.

Hasil GDP Percapita negara ini pada tahun 2013 adalah sebesar US$334.

Pertama kali yang harus dipahami setelah mendengar nama negeri ini adalah bahwa Niger bukanlah Nigeria. Karena keduanya merupakan negara yang berbeda.

Adapun Niger yang masuk dalam kategori negara termiskin urutan ke empat ini beribukota di Niamey. Data GDP Percapita Niger pada tahun 2013 adalah sebesar US$430.

5. Republik Kongo

Di urutan ke lima yaitu Republik Kongo yang dulunya bernama Zaire. Ibukota negara ini adalah Kinshasa.

Bagi yang gemar sejarah tentu saja ingat betul konflik dan perang saudara berkepanjangan yang menghancurkan negeri ini. Karena bahasan kita kali ini bukanlah bertema politik, jadi tidak perlu saya lanjutkan untuk membahas bagaimana kemudian PBB mengambil alih perselisihan dan memaksa presiden Joseph waktu itu untuk melakukan pemilihan presiden ulang.

Kongo atau Zaire, menempati urutan ke lima dengan GDP Percapita sebesar US$ 444.

negara terkaya di aseanBaca juga: 5 Negara Terkaya Di ASEAN Versi Bank Dunia

Demikianlah postingan 5 negara termiskin di dunia yang bisa saya sajikan dalam blog fariz gobel ini. Semoga bermanfaat.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia

11 Comments

  1. ironis memang, masih banyak kemiskinan di dunia. padahal, banyak sekali konsep pembangunan dan pemerataan yang dibuat. namun, tetap saja kemiskinan akan tetap tumbuh. mungkin disebabkan karena negara – negara maju mengeksploitasi kemiskinan negara berkembang..

  2. Biar pada meledug perut pjabat stempat Ч̲̮̲̅g̲̅ korupsi duit rakyat sehingga rakyat jdi sengsara kelaparan di daerah daerah

Leave A Reply