Pengertian Akuntansi, Lebih dari Sekedar Menghitung

0

Pengertian Akuntansi sejatinya tidak semata-mata berhubungan dengan angka dan perhitungan matematis yang membosankan. Tidak demikian, karena ilmu akuntansi mengajarkan bagaimana mengoptimalisasikan berbagai aspek dalam metode pembelajaran.

Artinya, kaidah matematis saja tidak cukup untuk menggambarkan ruang lingkup akuntansi. Terdapat banyak aspek yang meliputi rasionalitas atau logika, kemampuan komunikasi, dan integritas.

Nilai-nilai itu yang harus dipahami oleh siapapun yang ingin mempelajari atau sedang mendalami akuntansi.

pengertian akuntansi

Akuntansi merupakan seni dalam melakukan identifikasi, pencatatan, dan pengkomunikasian.

Tiga unsur tersebut yaitu identifikasi, pencatatan, dan komunikasi (pelaporan) tidak bisa dinafikan dari ilmu akuntansi.

Seorang akuntan harus mampu mengidentifikasi sebagai langkah awal untuk memastikan apakah transaksi yang terjadi termasuk transaksi bisnis atau bukan. Hal ini penting, karena jangan sampai seorang akuntan tidak bisa membedakan yang mana transaksi bisnis dan mana yang bukan.

Selanjutnya adalah pencatatan atau recording. Seetelah mengidentifikasi transaksi yang terjadi, maka kemampuan yang selanjutnya wajib dimiliki seorang akuntan adalah mencatat. Mencatat bukan hanya sekedar mencatat, karena catatan yang dibuat seorang akuntan akan mempengaruhi pembuatan laporan keuangan pada tahapan selanjutnya.




Pencatatan dalam akuntansi dibuat dengan menggunakan rasionalitas, sehingga catatan yang dibuat menggambarkan keadaan yang seimbang (balance) antara tiga komponen dasar akuntansi (Asset, Liabilitas, dan Equitas).

Setelah melakukan pencatatan, dalam akuntansi, seorang akuntan harus mampu mengkomunikasikan hasil dari pencatatannya. Inilah yang disebut dengan pelaporan yaitu mampu mempertanggung jawabkan laporan keuangan yang tersaji.

Dengan demikian, sangatlah jelas bahwa dalam akuntansi kemampuan analitis dan rasional saja tidak cukup. Kita harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Percayalah, kini bukan saatnya lagi akuntansi itu identik dengan kumpulan manusia pasif dengan kecamata di wajahnya. Karena akuntansi mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang cerdas, penuh pertimbangan, rasional, dan tentunya mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Akuntansi mengajarkan bagaimana menjadi komunikator yang handal. Itu saja kawan, semoga bermanfaat 🙂

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia

Comments are closed.