Pengertian Konsep Pemasaran

0

Apa itu marketing/pemasaran? Pengertian konsep pemasaran merupakan filosofi yang harus ada dalam sebuah entitas dalam rangka menganalisa kebutuhan pelanggan (konsumen) kemudian membuat keputusan untuk memenuhi kebutuhan konsumen tersebut dengan cara yang lebih baik dibandingkan dengan entitas lainnya (kompetitor).

Karena tidak bisa dipungkiri, bahwa di era teknologi dan komunikasi yang semakin pesat, persaingan antar perusahaan semakin ketat. Dan mereka yang bertahan adalah mereka yang berhasil mendapatkan kredibilitas serta kepercayaan di mata konsumen.

pengertian konsep pemasaranSebuah konsep pemasaran yang baik, benar-benar harus melihat seperti apa kebutuhan konsumen. Dengan demikian, konsumen memiliki peran yang sangat penting untuk keberhasilan sebuah konsep pemasaran.

Pada tahun 1776, salah seorang ekonom ternama, Adam Smith dalam bukunya The Wealth Of Nation, telah menulis seperti apa pengertian konsep pemasaran yang tepat.

Adam Smith menulis bahwa kebutuhan dari produsen harus mempertimbangkan kebutuhan konsumen. Artinya, produsen tidak serta merta menciptakan dan mengembangkan produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Dengan kata lain, produsen tidak memproduksi barang yang diinginkannya tapi yang diinginkan konsumen. Inilah yang menjadi titik awal kita dalam memahami pengertian konsep pemasaran.

Secara umum, ada tiga kunci untuk mengoptimalkan konsep pemasaran terutama dalam lingkup manajemen, yaitu

# Apa yang diinginkan konsumen

# Dapatkan perusahaan meningkatkan kualitas produk yang dapat dijangkau oleh konsumen

# Bagaimana langkah perusahaan untuk membuat konsumen nya tetap berada pada kepuasan yang maksimal

Ketiga kunci di atas harus dipahami dan diimplementasikan oleh seorang manager untuk mendapatkan hasil pemasaran yang baik. Karena dengan mengetahui keinginan konsumen, perusahaan akan mampu menciptakan produk yang relevan.

Agar tidak ketinggalan di antara para pesaing, maka diperlukan kunci yang kedua, yaitu meningkatkan kualitas produk tanpa meninggalkan esensi dari produk awal yang dibuat.

Dan yang terakhir adalah strategi apa yang harus dilakukan perusahaan dalam rangka menjaga kepuasan konsumen sehingga konsumen tidak akan beralih ke produk dari perusahaan lain.

Demikian ulasan singkat terkait pengertian konsep pemasaran yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat untuk sekedar menambah wawasan kita dalam dunia bisnis.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia

Comments are closed.