web stats

Perencanaan Dalam Manajemen

0

Perencanaan dapat didefinisikan sebagai suatu proses perumusan di muka tentang berbagai tindakan yang akan dilakukan di kemudian hari guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Rencana adalah setiap rincian dari perumusan di muka untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan demikian, rencana merupakan rincian dari perencanaan.

Proses awal perencanaan dimulai dari penetapan tujuan kemudian memerinci berbagai cara, teknik dan prosedur guna mencapai tujuan tersebut. Suatu perencanaan dikatakan efektif jika tujuan yang telah dirumuskan dapat dicapai sepenuhnya.

perencanaan dalam manajemenJika tujuan yang telah dirumuskan dan telah dibuat perencanaannya ternyata tidak dapat dicapai maka berarti telah terjadi berbagai kemungkinan, diantaranya :

  1. Tujuan yang hendak dicapai tidak realistis
  2. Tujuan yang hendak dicapai realistis tetapi perencanaan yang disusun tidak sejalan dengan tujuan tersebut
  3. Tidak realistisnya tujuan dan operasionalisasi nya pun salah

Unsur Perencanaan Dalam Manajemen

Dalam lingkup manajemen, perencanaan terdiri atas :

  1. Tujuan yaitu bagian terpadu dari setiap perencanaan yang secara spesifik mengharapkan sesuatu di masa mendatang
  2. Tindakan yaitu upaya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya
  3. Sumber daya, adalah segala sesuatu yang mempunyai potensi nilai kepada suatu pemberdayaan dan yang dapat dijadikan sebagai pembatas serangkaian tindakan
  4. Implementasi, yaitu melaksanakan kegiatan yang sesui petunjuk perencanaan
  5. Evaluasi yaitu tahap untuk mencari tahu penyebab kegagalan dan berbagai alasan keberhasilan dari suatu perencanaan

Arti Pentingnya Perencanaan Manajemen

Tujuan organisasi bisnis adalah mengejar keuntungan secara optimal. Sedangkan tujuan organisasi adalah memasarkan produk seoptimal mungkin dalam rangka menunjang tujuan organisasi secara keseluruhan. Arti pentingnya perencanaan dalam manajemen meliputi :

Koordinasi upaya

Manajemen ada dikarenakan adanya pekerjaan individu dan kelompok di dalam organisasi yang harus dikoordinasikan sedangkan perencanaan merupakan salah satu teknik yang terpenting untuk menjalankan upaya yang direncanakan tersebut.

Persiapan karena adanya perubahan

Rencana tindakan yang efektif dan efisien akan selalu memberikan ruang gerak bagi setiap perubahan manajemen sebaiknya menyadari bahwa berbagai perubahan lingkungan seringkali terjadi tanpa dapat diprediksikan.

Kesiapan menyongsong perubahan akan membuat semua pegawai mempunyai mental yang waspada sehingga jika terjadi perubahan tidak akan menimbulkan berbagai kejutan atau gejolak yang merugikan organisasi.

Pengembangan Manajemen

Proses penyusunan rencana memerlukan aktivitas intelektual yang tinggi. Perencana harus berpikir sistematis mengenai keadaan dan situasi saat ini dan akan datang, tetapi juga harus memikirkan efektivitas dan efisiensi dari setiap rencana.

Inilah yang akan terus mengembangkan kemampuan manajerial setiap individu jika terlibat dalam proses perencanaan.

Demikian yang bisa saya bagikan, dan baca juga pengertian manajemen untuk lebih memahami manajemen dari sudut pandang teori, serta pengertian konsep pemasaran.

About Author

Comments are closed.