Daftar Perusahaan Terbesar Di Dunia 2016

2

Ranking perusahaan terbesar di dunia baik berdasarkan revenue (pendapatan), profit, maupun asset, bisa dilihat dari data yang dirilis oleh majalah Fortune atau yang dikenal dengan global 500.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyajikan daftar perusahaan terbesar di dunia berdasarkan nilai pendapatan dari hasil penjualan (sales revenue) selama tahun 2015.

Karena laporan keuangan perusahaan sifatnya annual (tahunan), maka untuk melihat ranking perusahaan terbesar sedunia di tahun 2016, dibutuhkan data dari laporan keuangan pada akhir tahun 2015 kemarin. Lalu perusahaan mana saja yang masuk dalam daftar fortune tersebut dengan menghasilkan pendapatan dengan jumlah yang sangat masif?

Daftar Perusahaan Terbaik Di Dunia Selama Tahun 2015

Walmart

perusahaan terbesar di dunia

Walmart sebagai perusahaan retail menduduki peringkat pertama dengan total pendapatan pada tahun 2015 sebesar $485.651 (dalam jutaan) atau setara dengan 6313 Triliun rupiah, dengan asumsi kurs 13.000 per USD.

Jumlah yang sangat masif, sebuah perusahaan dengan pendapatan mencapai enam ribu triliun rupiah. Bahkan jumlah tersebut setara dengan 3 kali jumlah APBN kita pada tahun 2015. Wow! Jumlah yang kiranya cukup untuk menutupi belanja negara kita selama 3 tahun berturut-turut.

Walmart merupakan perusahaan retail raksasa yang menjadi rival terberat Carrefour dalam skala bisnis global.

Perusahaan yang kini dipimpin oleh C. Douglas McMillon itu sukses melakukan penjualan masif selama 2015 hingga meraup profit sebesar $16.363 atau setara dengan 212 triliun rupiah.

Sinopec Group

Di urutan kedua ada perusahaan Sinopec Group yang merupakan perusahaan migas terbesar di Asia dan belokasi di Beijing, China.

Pada tahun 2015 perusahaan yang dipimpin oleh Wang Yupu ini sukses meraih pendapatan penjualan sebesar $446.811 atau sekitar 5808 Triliun rupiah.

Royal Dutch Shell

Sebuah perusahaan energi utama baik minyak dan gas serta petrokima ini berada di urutan ke tiga dengan total pendapatan mencapai $431.344 (5607 Triliun rupiah).

Royal Dutch Shell mengalami penurunan pendapatan sekitar 6% dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2014, perusahaan migas asal Belanda ini berada pada ranking 2 dalam daftar perusahaan terbesar di dunia.

Advertisement


China National Petroleum

Di peringkat ke empat masih dikuasai oleh perusahaan migas juga, yaitu China National Petroleum. Sebuah perusahaan nasional migas China yang menghasilkan penjualan sangat besar pada tahun 2015, yaitu $428.620 (5572 Triliun rupiah).

Exxon Mobil

Exxon mobil merupakan perusahaan migas internasional yang beroperasi secara global di enam benua. Perusahaan migas raksasa ini sukses menjadi perusahaan terbesar no 5 tahun 2015 dengan total pendapatan mencapai $382.597 atau setara dengan 4973 triliun rupiah.

Sementara itu profit Exxon Mobil mencapai $32.520 atau sekitar 422 Triliun rupiah, jumlah yang dua kali lebih besar dari profit Walmart. Harga minyak yang melambung selama 2015 mungkin menjadi alasan rasional atas keberhasilan Exxon Mobil dalam memaksimalkan penjualan sehingga menghasilkan pendapatan yang hampir mencapai 5 ribu triliun rupiah.

Fakta menarik dari daftar 5 perusahaan terbaik dan terbesar di dunia ini adalah bahwa dari peringkat dua sampai lima dikuasai oleh perusahaan minyak. Hal ini menunjukan bahwa dunia makin ketagihan dengan minyak (Addicted to Oil).

Tapi sampai kapan hal ini akan bertahan?

Revenue perusahana minyak yang gila-gilaan itu mungkin menyisakan sebuah kesenduan : polusi udara kian menyergap, dan bumi kian tersengal-sengal nafasnya. No problem. Sebab kapitalisme global memang tak pernah mengenal belas kasihan.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia

2 Comments

Leave A Reply