web stats

8 Pilihan Karir Maknyus Untuk Profesi Akuntan

0

Berprofesi sebagai akuntan barangkali menjadi impian banyak orang. Bukan hanya mereka yang latar belakang pendidikannya dari ekonomi atau prodi akuntansi saja, namun saat ini profesi akuntan menjadi impian banyak makhluk.

Ini tentu menjadi kemajuan sekaligus tantangan terlebih bagi mereka yang memang latar belakang pendidikannya dari akuntansi. Selain itu pada 2016 ini perekonomian Indonesia telah memasuki babak baru atau apa yang kita kenal dengan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Dimana tenaga kerja ahli seperti akuntan akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan baik lokal maupun perusahaan-perusahaan multinasional.

Daya saing yang demikian tinggi tentunya menuntut tingkat profesionalisme dan keahlian (skill) yang tinggi. Akuntan Indonesia tidak hanya membekali dirinya dengan kemampuan menyusun laporan keuangan. Tetapi kemampuan komunikasi (Communication Skill) dalam menyampaikan gagasan dan hasil analisa terutama dalam bahasa Inggris juga menjadi prasayarat utama untuk mampu bersaing di Era Masyarat Ekonomi ASEAN ini.

Menjadi seorang akuntan memang terkadang penuh dengan dilematis dan bayang-bayang ketakutan. Di satu sisi kita dituntut untuk profesional dan independen, disisi lain kita malah terjebak dalam lingkaran penciptaan fraud demi meraih aset yang melimpah ruah.

Inilah tantangan sejati bagi seorang akuntan. Bagaimana dirinya harus benar-benar independen meski kemudian terdapat banyak sekali tensi dan godaan yang tidaklah gampang.

Nah, apa saja kira-kira profesi akuntan yang bisa menjadi pilihan karir kita dalam dunia kerja nantinya..Let’s check this out

Akuntan

Cukup berbekal pengetahuan tentang akuntansi dan mampu menyusun laporan keuangan dengan baik dan benar, anda bisa menjadi seorang akuntan.

Akuntan yang saya maksud disini adalah staf akuntan perusahaan maupun tenaga pengajar, Guru atau Dosen. Peran staf akuntan dalam perusahaan tentu saja sangat dibutuhkan dalam membantu manajemen menyiapkan laporan keuangan untuk kepentingan vital perusahaan.

Tenaga pengajar berupa Guru dan Dosen juga memiliki peran yang vital. Kalau bukan mereka yang akan mengajarkan akuntansi untuk generasi selanjutnya, lalu siapa lagi?

Tanpa tenaga pengajar ini tentu saja tidak akan pernah lahir akuntan-akuntan hebat maupun auditor-auditor kelas dunia.

Internal Auditor

Internal auditor menjadi kunci atas laporan keuangan perusahaan. Setiap transaksi dan pencatatan yang ada di dalamnya menjadi tanggung jawab dari internal audit ini. Untuk menjadi seorang internal auditor, selain pengetahuan akuntansi yang baik, juga dibutuhkan kemampuan analisis yang mapan dan tentu saja pengalaman bekerja sebagai seorang akuntan.

Akuntan Publik

Nah bedanya dengan internal audit adalah akuntan publik menjadi pihak independen yang akan menilai suatu kewajaran dari laporan keuangan perusahaan yang dibuat oleh manajemen dan internal audit.

Akuntan publik menilai dan memberikan pendapat atas laporan keuangan suatu perusahaan untuk kepentingan pihak eksternal perusahaan, seperi shareholder (pemegang saham), kreditur, pemerintah, dan masyarakat.

Saat ini akuntan publik mungkin menjadi profesi yang paling banyak diminati. Selain karena sangat dibutuhkan, juga gajinya yang wahh 😀

Namun persaingan untuk menjadi akuntan publik juga sangat kompleks. Bagi Seorang lulusan akuntansi berprofesi sebagai akuntan publik dengan bekerja di KAP (Kantor Akuntan Publik) lebih baik dibandingkan harus mendirikan KAP sendiri.

Ahli Pajak

Ingat kasus Gayus? Pastinya. Ah Gayus hanyalah satu dari sekian banyak manusia yang mampu melakukan manipulasi data dan laporan perpajakan yang ada di negeri ini. Hhehehe

Berprofesi sebagai ahli pajak memang akan membuat anda menjadi kaya raya. Ya benar. Tapi godaannya sangatlah berat. Anda harus benar-benar JUJUR untuk tidak tergoda dengan setumpuk uang milyaran yang menjadi tanggung jawab anda dan hak masyarakat.

Untuk menjadi seorang ahli pajak, ilmu akuntansi tidaklah cukup. Anda harus membekalinya dengan ilmu perpajakan. Namun rata-rata disetiap kampus, mereka yang berada dalam jurusan akuntansi juga mendapatkan pembekalan terkait dengan ilmu pajak ini. So, tidak ada salahnya jika anda ingin mencoba menjadi bagian dari profesi yang paling bergengsi ini 😀

Finance Atau Bankir

Kebanyakan anak akuntansi juga terjun ke dunia finance untuk menjadi seorang bankir. Berprofesi menjadi Bankir memang sangatlah menjanjikan khususon dari segi finansial, anda terjamin!

Untuk menjadi seorang bankir, selain kemampuan akuntansi yang maknyus anda juga harus bisa melakukan analisis terutama berkaitan dengan tingkat kesehatan bank, permodalan, strategi pembiayaan, dan masih banyak lagi yang harus anda persiapkan.

Tapi jangan khawatir, anda bisa menapaki semua itu dengan menjadi Teller terlebih dulu, Misalnya ya 😀

Percakapan Obrolan Berakhir

Akuntan Pemerintah

Kenal BPK kan? Nah itu dia, orang-orang yang ada didalamnya adalah akuntan yang mengkhususkan dirinya untuk aset-aset pemerintah.

Akuntan pemerintah ini menjadi lembaga yang independen untuk memeriksa instansi-instansi pemerintah. Kedatangan mereka adalah hal yang paling menakutkan bagi lembaga/instansi pemerintah yang “sakit” alias banyak KKN nya. So, jika anda ingin ditakuti gak ada salahnya mencoba profesi yang satu ini. (Just Kidding) 😀

Forensik Auditor

Profesi ini nih yang masih terbilang langka di negeri kita. Forensik auditor ibarat Detektif yang akan mengungkap kasus Fraud (kecurangan) pada lembaga tertentu sesuai dengan tempat tugas mereka.

KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) juga menggunakan auditor forensik untuk mengungkap kasus-kasus korupsi baik yang kelas teri maupun kelas hiu. 😀 Keren kan?

Jika tertarik menjadi auditor forensik, segera siapkan kemampuan psikologis, analisis, dan komunikasi yang baik selain ilmu akuntansi yang anda miliki.

Blogger

Nah loh, jangan salah. Terkadang dunia kerja itu memang membosankan. Apalagi bagi pribadi-pribadi yang tak senang disuruh sana suruh sini, ini dan itu, seperti saya ini contoh konkretnya.

Menjadi seorang blogger adalah pilihan profesi tersendiri dan terbilang unik bagi para akuntan yang ingin menciptakan dunia sendiri yang tentu saja dipergunakan untuk kepentingan banyak orang.

Ya, seorang yang ahli dalam akuntansi bisa membagikan ilmunya lewat tulisan-tulisan yang ia buat dalam blog pribadinya. Dari segi finansial pun profesi yang satu ini sangat menjanjikan.

Ini adalah pekerjaan mulia, kita memiliki ilmu dan membagikannya kepada orang lain. Bukankah ilmu yang bermanfaat itu adalah ilmu yang kita berikan untuk orang lain?

——————————————————————————————–

Nah saya kira itulah sejumlah profesi yang bisa anda jadikan pilihan untuk menentukan karir dalam bidang akuntansi tentunya. Hidup adalah pilihan, dan setiap pilihan akan mendatangkan konsekuensi. Jadi pastikanlah, apapun pilihan anda, anda telah siap dengan segala konsekuensinya. That’s all.

About Author

Leave A Reply