web stats

Protokol Wireless Pada Komputer

0

Protokol Wireless Pada Komputer

Teknologi computer display merupakan salah satu bentuk dari kemajuan jaman seperti yang kita nikmati sekarang ini. Perkembangan teknologi computer yang pesat teriring penggunaan oleh konsumen semakin  meningkat tajam dan menjadikan produk teknologi tersebut bertambah berharga di mata masyarakat terutama mereka yang masih berstatus sekolah maupun pegawai perkantoran.

Ada banyak teknologi computer yang berkembang pada saat ini. Teknologi wireless display, teknologi computer wireless charging, teknologi computer biometric sensor, teknologi computer interaktif, teknologi computer virtual keyboard, serta teknologi computer creative desktop merupakan bentuk dari kreatifitas dan inovasi pengembang perangkat lunak tersebut. Seperti halnya pada teknologi wireless yang notabene merupakan jaringan dalam penyambungan internet dengan computer atau laptop tanpa memakai kabel tapi menggunakan gelombang elektromagnetik sebagi media perantara.

Bisa juga di katakan kalau teknologi wireless itu adalah media radio yang bersifat sharing yang digunakan bersama-sama. Penggunaan secara serempak pada banyak perangkat lunak dengan kapasitas serta kecepatan tentunya dapat mempengaruhi kinerja wireless itu sendiri.

Pada dasarnya wireless display merupakan salah satu bentuk teknologi yang keberadaannya di prakarsai oleh perusahaan computer terbesar saat ini, yaitu Intel.  Teknologi wireless display dapat terhubung ke banyak perangkat lunak, computer dan laptop.

Seringnya instalasi yang menggunakan metode wireless display adalah mereka yang bekerja di perkantoran dan mahasiswa yang sedang melakukan kajian dan lain sebagainya di depan public, maka teknologi semacam ini yang di rasanya membantu sebab sangat simple atau tidak terlalu ribet.

Jenis-Jenis Protokol Wireless Pada Komputer.

1. Protocol DLNA.

Protokol DLNA di kembangkan oleh dlan.org dan bersifat tertutup serta eksklusif dalam artian hanya perangkat yang memiliki sertifikat DLNA saja maka dapat terhubung secara wireless. Perangkat pendukung wireless biasanya di tandai dengan semacam sticker DLNA Certifed.

DLNA yang dimaksut tadi akan mampu menghubungkan berbagai perangkat lunak dengan monitor tv. Perangkat bersertifikasi DLNA bisa saling terhubung tanpa harus menggunakan kabel sebagai media penghantar data. Seperti halnya pengguna DVD Player yang bersertifikat DLNA, ia akan bisa menonton film pada layar tv tanpa ada dukungan media kabel penghantar data untuk menghubungkan DVD Player denngan pesawat television.

2. Protokol AirPlay.

Maksut dari Protokol AirPlay adalah perangkat yang sudah tersertifikasi dan dapat saling terhubung secara wireless.  Protokol AirPlay juga bisa di di bilang sebuah protocol yang di perlukan untuk perangkat produk Apple Computer. Disini aka nada beberapa perangkat yang sudah mendukung AirPlay dari Apple, Mac Book, dan Mac PC, Apple Ipad, Apple Smartphone (iphone), Apple TV dan lain-lain.

 3. Protokol Samsung AllShare.

Yang dimaksud dengan Protokol Samsung AllShare disini adalah sebuah produsen elektronik asal Korea dengan produksi berbagai jenis hardware elektronik. Maksut di produksinya protocol semacam ini tidak lain untuk menghubungkan banyak perangkat lunak seperti computer dan laptop dengan menggunakan wireless sehingga untuk pengiriman data dari dan ke perangkat lain tidak terlalu ribet dengan menggunakan kabel. Protokol Samsung AllShare ini secara dapat terhubung secara wireless dengan LED TV produk Samsung.

 4. Protokol Intel WIDI.

Jika kalian ingin mengetahui protocol yang usianya muda yaitu Intel WIDI. Protokol Intel WIDI ini di perkenalkan oleh Intel sebagai produsen microprosesor dan produsen chip wireless radio. Pihak Intel memperkenalkan wifi radio atau wifi radio chipset tidak hanya bisa digunakan untuk mengakses jaringan akan tetapi ia dapat mentransmisikan gambar secara wireless.

Protokol Intel WIDI bisa digunakan langsung pada computer dan laptop yang menggunakan prosesor Core i3 keatas. Protokol Intel Widi dapat terhubung dengan perangkat yang memiliki sertifikasi Intel WIDI Enable saja, serta hanya bisa bekerja pada perangkat lunak bersistem oerasi window 8.

Selain protocol-protokol tadi di atas, masih ada beberapa jenis protocol yang secara kinerjanya adalah sama, yaitu Miracast, Ipush,dan Google Chrome Cast.

 

 

About Author

Leave A Reply