Tinggalkan Bank Dunia, Sri Mulyani Kembali Berkiprah di Tanah Air

0

I’ll be back, begitulah kira-kira ungkap wanita kelahiran Lampung tersebut saat dirinya mengakhiri masa jabatan sebagai menteri keuangan di era presiden SBY pada tahun 2010 silam. Carut marut politik tanah air terkait kasus Bank Century pada waktu itu membuat dirinya terkena dampak pergantian kabinet.

Tak lama setelah itu, Sri Mulyani mendapat tawaran untuk menjadi direktur pelaksana Bank Dunia langsung dari Robert B. Zoellick sebagai presiden Bank Dunia.

Kiprah Sri Mulyani Indrawati dalam dunia moneter memang sangat mendunia. Ia adalah satu-satunya wanita bahkan tokoh Indonesia yang mampu berdiri sejajar dalam naungan lembaga keuangan nomor satu di dunia (World Bank).

Kini Ia kembali ke tanah air dan memilih untuk mengakhiri jabatan Managing Director World Bank untuk ketiga kalinya mengabdi pada negara.

Sebelumnya Sri Mulyani telah dua kali menjabat sebagai menteri keuangan di era kabinet Indonesia bersatu (1 dan 2). Hingga dilantik pada Rabu, 27 Juli 2016 tadi oleh presiden Jokowi, jabatan dan amanat Menkeu kembali menjadi tanggung jawab Sri Mulyani.

Usai pelantikan Sri Mulyani sebagai menkeu kabinet kerja Jokowi-JK, pasar memperlihatkan tren yang positif dengan menguatnya IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan). Hal ini tentu menjadi pertanda yang positif, bahwa sosok wanita tersebut (dengan segala pengalaman dan kemampuannya di bidang moneter) bisa mereduksi berbagai problema keuangan dan krisis finansial saat ini.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia

Leave A Reply