Strategi Pemasaran Online

0

Strategi Pemasaran Online saat ini menjadi cara paling efektif untuk memasarkan produk dan menarik pelanggan serta menghasilkan profit yang kontinyu bagi sebuah perusahaan atau unit bisnis.

Sebelum kita melanjutkan materi pemasaran kali ini, perlu diketahui bahwa setidaknya ada 3 alasan kenapa pemasaran harus dilakukan secara online

Memberikan Kemudahan

Dengan pemasaran online, pelanggan dapat memesan produk 24 jam sehari dimana mereka berada. Mereka tidak harus berkendara, mencari tempat parkir, dan berjalan melewati gang yang panjang untuk mencari dan memeriksa barang barang. Dan mereka tidak harus berkendara ke toko hanya untuk memastikan bahwa barang yang dicari masih tersedia.

Dengan adanya kemudahan ini, pelanggan jauh lebih mudah untuk tertarik dengan berbagai produk yang ditawarkan produsen.

Informasi

Pelanggan dapat memperoleh setumpuk informasi komparatif tentang perusahaan, produk, dan pesaing tanpa meninggalkan kantor atau rumah mereka. Mereka dapat memusatkan perhatian pada kriteria objektif seperti harga, kualitas, kinerja, dan ketersediaan.

Rongrongan yang lebih sedikit, artinya dengan adanya pemasaran online, pelanggan tidak perlu menghadapi atau melayani bujukan dan fakor-faktor emosional.

Selain itu, pemasaran online juga dapat memberikan manfaat bagi para pemasar berupa :

# Penyesuaian yang cepat terhadap kondisi pasar. Artinya perusahaan dapat dengan cepat menambahkan produk pada penawaran mereka serta mengubah harga dan deskripsi.

# Biaya yang lebih rendah. Pemasar online mencegah biaya pengelolaan toko dan biaya sewa, asuransi, serta prasarana yang menyertainya. Pemasar dapat melakukan strategi pemasaran online paling jitu di abad ke-21 ini, yaitu lewat media internet berupa website.

Pemasar dapat menjadikan website sebagai media pemasaran paling efektif dalam membangun jaringan bisnis serta menawarkan berbagai produk kepada konsumen. Hingga saat ini, begitu banyak implementasi strategi pemasaran online yang dilakukan oleh kalangan pelaku bisnis, dengan menerapkan cara-cara yang relevan dan memudahkan pelanggan.

Misalnya, pemasar dapat melakukan strategi Mobile Marketing. Mobile marketing merupakan strategi pemasaran yang mengarah pada calon-calon konsumen yang menggunakan menggunakan perangkat mobile, seperti handphone dan tablet sebagai media online mereka.

Para pebisnis harus mendesain ulang website bisnisnya agar ramah (user friendly) jika diakses dengan gadget mobile. Saat ini bisa diperkirakan bahwa rata-rata jumlah kosumen yang membeli produk lewat ponsel mencapai 30-40%. Dengan demikian, pemasar harus mampu melihat peluang ini untuk kemudian mampu menyajikan data yang sesuai dengan “keinginan” pasar.

Dengan demikian, jelaslah bahwa pemasar akan berpikir untuk menggunakan layanan online dalam mencari, menjangkau, berkomunikasi, dan menjual.

Pemasaran onlie memiliki sekurang-kurangnya empat manfaat besar. Pertama, baik perusahaan besar maupun kecil dapat membiayainya. Kedua, tidak ada batasan riil terkait tempat iklan, berbeda dengan media cetak atau jenis pemasaran offline lainnya.

Ketiga, akses dan pengambilan informasi yang cepat dibandingkan dengan media offline lain. Dan keempat, belanja dapat dilakukan secara pribadi dan cepat.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pemasaran online serta peluang, cara, dan strategi yang perlu diterapkan guna menadapatkan manfaat dari keadaan pasar di abad ke-21 ini.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia

Comments are closed.