Strategi Persaingan Dalam Manajemen Pemasaran

0

Strategi persaingan dalam manajemen pemasaran merupakan trik untuk mengidentifikasi pesaing organisasi dengan tujuan untuk menghindari apa yang disebut oleh Proffesor Harvard, Theodore Levitt sebagai “Miopi Pemasaran”.

Theodore Levitt mengungkapkan bahwa industri rel mengakibatkan kehancurannya sendiri karena memiliki prinsip yang salah, bahwa “Kita dalam bisnis kereta api.”

Apabila saja mereka mendefinisikan bisnis mereka sebagai bisnis transportasi, mereka akan melihat banyak pesaing, mobil, truk, dan pesawat terbang. Apabila mereka memandang dari sudut pandang pelanggan, maka mereka akan melihat bahwa kebutuhan pasar yang dilayani oleh kereta api adalah transportasi, bukanlah kereta apa itu sendiri.

Begitulah kira-kira cara yang tepat untuk melihat persaingan dalam pemasaran. John Zagula dan Richard Tong, mantan pemimpin di Microsoft, pernah mempromosikan “dua permainan yang teruji untuk meraih dan mempertahankan calon pelanggan dalam segala pasar.” Dan inilah yang merupakan strategi persaingan yang efektif….

# Permainan Pergeseran (The drag race play), yaitu permainan paling sederhana, melibatkan persaingan langsung dengan satu pesaing dan memusatkan perhatian pada mengalahkan mereka (Contoh, Microsoft vs WorldPerfect)

# Permainan dasar pijakan (The platform play), dalam permainan ini, anda meminta pihak lain beridiri bersama anda, bertahan menghadapi pesaing yang serupa. Hal ini dimaksudakan untuk membentuk kerjasama yang utuh, lalu kemudian mampu menghasilkan produk yang bermanfaat dengan hubungan kerjasama tersebut.

Demikian ulasan singkat tentang strategi persaingan manajemen pemasaran, semoga bermanfaat. Baca juga konsep tentang pemasaran holistik yang saya bahas sebelumnya.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia

Leave A Reply