web stats

Tips Membangun Rumah Kost Yang Menguntungkan

0

Tips Membangun Rumah Kost Yang Menguntungkan

Memiliki rumah kost memang bisa menjadi investasi yang menguntungkan. Apalagi jika lokasinya strategis, maka harapan penghasilan ibarat gaji pensiunan pun semakin terang. Namun membangun rumah untuk dikontrakkan bukanlah hal yang sepele. Butuh RAB dan dana yang benar-benar matang dan mencukupi. Agar anggaran dan modal yang telah Anda keluarkan tidak terbuang sia-sia, baiknya perhatikan beberapa tips membangun rumah kost yang menguntungkan, yang akan diulas kali ini.

Keuntungan Memiliki Rumah Kos atau Kontrakan
Investasi, khususnya di bidang properti memang menjanjikan hasil yang besar. Termasuk memiliki usaha rumah kost maupun kontrakan. Modal awal membuat kos-kosan akan terbayar secara bertahap seiring pemasukan dana dari hasil menyewakan. Sebagian keuntungan memiliki bisnis rumah kos adalah sebagai berikut.

1. Cepat Balik Modal
Dalam jangka waktu paling lama 10 tahun, jika rumah kos yang Anda buat selalu berisi, maka modal awal membuat kos pun sudah terpenuhi, sekaligus dengan hasilnya. Pantaslah jika usaha rumah kos ini terbilang bisnis yang cepat menghasilkan keuntungan besar.

2. Investasi Jangka Panjang Tak Pernah Rugi
Investasi bidang properti termasuk investasi yang tak pernah merugi. Soalnya harga bangunan dan tanah kian tahun kian mahal. Demikian juga harga sewa kos ataupun kontrakan. Semakin lama semakin mahal hal inilah yang membuat bisnis rumah kost tak akan pernah rugi.

3. Tidak Pernah Sepi Peminat
Jika Anda melakukan perencanaan dan pemilihan lokasi yang strategis, maka rumah kontrakan maupun kos-kosan tak akan pernah sepi dari peminat yang menyewa. Karena itulah, memilih lokasi merupakan salah satu tips membangun rumah kost yang menguntungkan. Apalagi jika lokasinya di kawasan pendidikan ataupun industri di mana banyak mahasiswa maupun karyawan yang datang silih berganti menyewa kos-kosan.

4. Peluang Usaha Tambahan Lain yang Terbuka
Bisnis kos memungkinkan Anda untuk memiliki cabang usaha yang mendukung. Dari sederetan kamar kos yang Anda sewakan, para penghuninya akan membutuhkan berbagai hal. Dari situlah lahir cabang bisnis yang bisa Anda kembangkan. Misalnya warung makan, laundry, penyewaan sepeda motor maupun sepeda kayuh, ataupun kafe.

Di kawasan perumahan kos dan kontrakan, usaha-usaha di atas sangat menjanjikan. Pasalnya para penghuni dari kalangan pelajar maupun karyawan biasanya tidak mau repot oleh urusan masak, mencuci, maupun menyetrika baju.

Tips Membangun Rumah Kost Yang Menguntungkan

Melihat keuntungan membuat rumah kost tersebut, rasanya tak ada alasan untuk tidak mengambil kesempatan yang ada. Apalagi jika memang modal Anda mencukupi. Nah, untuk membuat rumah kos yang benar-benar menguntungkan, beberapa tips ini bisa coba Anda terapkan.

1. Pemilihan Lokasi yang Tepat
Hal pertama sebelum membuat rumah kos tentu menetukan lokasi yang strategis dan punya prospek menjanjikan. Soalnya membuat rumah kos memerlukan modal tidak sedikit. Degnan akta lain membuat rumah kos bukanlah bisnis murah atau tanpa modal. Dengan modal yang tidak sedikit, sangat sayang jika tidak menempati lokasi yang tepat.

Lokasi paling tepat untuk membangun rumah kos adalah di kawasan kampus dan industri. Kawasan kampus cocok untuk menargetkan konsumen kalangan pelajar dan mahasiswa. Sementara kawasan industri paling tepat untuk menarget para karyawan perantau. Jangan sampai membangun atau membuat rumah kos-kosan di daerah yang tidak menarik.

2. Faktor Keamanan
Selain lokasi yang strategis, tips membangun rumah kost selanjutnya adalah terkait lingkungan. Meskipun tampak menguntungkan, namun lokasi strategis yang tak didukung keamanan akan lebih banyak membuat rencana bisnis Anda gagal dan merugi. Jadi sebaiknya telitilah lingkungan dimana Anda akan membuat rumah kos.

3. Desain Yang Menarik
Agar bisnis rumah kost menguntungkan, maka daya tarik dari sisi desain pun diperlukan. Seperti disinggung di awal, bahwa membangun rumah kos murah adalah hal yang sulit. Apalagi mengingat harga bahan bangunan yang kian bernajak naik. Karena itu jangan tanggung-tanggung, rumah kos-kosan yang dibuat harus bisa menarik minat.

Anda tinggal melihat target pasar Anda dari kalangan apa. Namun biasanya kalangan pelajar maupun karyawan lebih mementingkan rumah kos yang murah. Tentunya Anda harus menyesuaikan dan menekan agar bisa menyajikan rumah kos dengan biaya pembuatan yang ditekan rendah. Misalnya dengan manghadirkan rumah kost 2 lantai yang minimalis. Bisa juga misalnya dengan membangun rumah kos sederhana sehingga harganya lebih murah.

4. Fasilitas Nyaman Dengan Harga Bersaing
Tentunya Anda tidak sendiri dalam memanfaatkan peluang bisnis rumah kost di kawasan kampus maupun kawasan perindustrian ini. Ada banyak orang yang juga melirik peluang ini. Nah, karena itu Anda harus bisa memberikan fasilitas yang berbeda sebagai daya tarik.  Sehingga konsumen akan berpikir, dengan harga yang nyaris sama, mereka akan dapat fasilitas yang selevel lebih menyenangkan. Misalnya Anda berikan Free WiFi dan kipas angin. Untuk yang lebih mewah misalnya dengan adanya AC, kamar mandi tiap kamar ataupun fasilitas lainnya.

5. Kenyamanan Rumah Kos Terkait Fasilitas Umum yang Wajib Ada
Kenyamanan yang terkait fasilitas umum atau bersama harus paling diperhatikan. Misalnya ketersediaan air bersih, kelancaran saluran pembuangan, hingga masalah kelancaran saluran pembuangan kotoran. Semakin banyak penghuni kos Anda, semakin meningkat pula kebutuhan terhadap fasilitas ini.

Kenyamanan lainnya bisa juga terkait interaksi antara para penyewa dengan pemilik rumah kos. Bangun komunikasi yang akrab dengan para penghuni rumah kos Anda, seolah mereka adalah anak maupun keluarga dekat Anda sendiri. Dengan kedekatan seperti anggota keluarga, bukan tak mungkin mereka merasa nyaman seolah di rumah sendiri. Jadi jangan hanya seperti debt collector yang tahunya hanya menagih cicilan atau biaysa sewa tiap bulan.

6. Promosi Masif
Tips membangun ruma kost selanjutnya adalah terkait promosi. Jangan enggan untuk menyentuh medsos guna mempromosikan rumah kos baru Anda. Tonjolkan keunggulannya, kenyamanannya, fasilitasnya, hingga harganya yang bisa dikatakan terjangkau. Jika perlu beranikan diri untuk menggunakan harga promo agar banyak yang tertarik.

Media sosial seperti Facebook, Instagram dan lainnya perlu dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi rumah kos baru Anda. Berikan juga harga promo agar makin seru.

7. Penting, Pahami Aturan Khusus bagi Pemilik Rumah Kos
Selain menerapkan berbagai tips membangun rumah kost yang menguntungkan tersebut, perlu juga mengerti dan memahami aturan khusus bagi orang yang membuat rumah kost. Masing-masing daerah atau kota biasanya punya peraturan tersendiri untuk pemilik usaha kost-kostan. Mulai soal izin usaha, pelaporan identitas penghuni, ataupun kewajiban membayar pajak.
Kepada para penghuni kos pun, pemilik memiliki tanggung jawab baik moral maupun kenyamanan. Apalagi jika yang menyewa kamar atau rumah Anda adalah kalangan pelajar putri. Jangan sampai rumah kos Anda malah jadi ajang pergaulan bebas para anak ABG atau bahkan menjadi tempat prositusi terselubung. Bukannya memperoleh hasil berkah, malah kebagian dosa.

Karena itulah berbagai rumah kos memiliki aturan masing-masing untuk menertibkan dan menjaga ketertiban penghuninya. Anda bisa mencari contoh format aturan rumah kos untuk usaha Anda nantinya.

Itulah berbagai hal dan tips membangun rumah kost yang menguntungkan. Membuat rumah kos bisa menjadi investasi masa depan yang menjanjikan. Diiringi niat dan tekad membantu sesama, menaati aturan dan menjaga ketertiban lingkungan kos, kesuksesan usaha kost Anda bukan hal mustahil.

About Author

Leave A Reply